Komisi X DPR Setuju Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Jadi WNI, Timnas Indonesia Bisa Makin Kuat

Komisi X DPR Setuju Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Jadi WNI, Timnas Indonesia Bisa Makin Kuat

Olahraga | inews | Selasa, 17 September 2024 - 16:32
share

JAKARTA, iNews.id- Komisi X DPR RI menyetujui pemberian status kewarganegaraan Indonesia kepada dua pesepak bola Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Hilgers dan Eliano selangkah lagi bisa bela Timnas Indonesia.

Keputusan pemberian status kewarganegaraan itu diambil dalam rapat kerja (raker) Komisi X DPR RI bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dan Sekjen PSSI Yunus Nusi pada Selasa (17/9/2024).

"Komisi X DPR memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Eliano Johannes Reijnders dan Mees Victor Joseph Hilgers dengan catatan  bahwa penetapan kewarganegaraan RI," kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian yang bertindak sebagai pemimpin rapat saat bacakan kesimpulan rapat.

"Ditetapkan oleh instasi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," imbuhnya.

Heyifah mengatakan, hasil kesepakatan persetujuan pemberian status kewarganegaraan dua pesepak bola keturunan Indonesia, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akan dibawa pada rapat paripurna mendatang.

Sementara itu, Dito menjelaskan alasan mengusulkan pemberian status kewarganegaraan ke Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Dito mengatakan Hilgers memiliki pengalaman sepak bola internasional sebagai pemain muda, yakni mewakili Tim Nasional Belanda di level U-21. 

Hilgers diproyeksikan jangka pendek untuk memperkuat skuad Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 hingga Piala Asia 2027.

"Sementara, untuk jangka panjang, Hilgers diproyeksikan untuk membantu target ranking 100 besar FIFA (10 besar Asia) - FIFA Matchday," kata Dito.

Sementara Eliano Reijnders merupakan pemain klub PEC Zwolle. Eliano diproyeksikan jangka pendek untuk memperkuat skuad Timnas Indonesia pada ajang Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 hingga Piala Asia 2027.

"Kajian proyeksi pemberdayaan atlet dimaksud untuk jangka panjang (di atas 5 tahun), sebagai berikut: Pemberdayaan alet yang dimaksud untuk target jangka panjang (diatas 5 tahun) yaitu Target ranking 100 besar FIFA (10 besar Asia) - FIFA Matchday," ujar Dito.

Sebelumnya, Komisi III DPR RI juga sepakat menyetujui pemberian status kewarganegaraan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Hal itu diambil dalam raker Komisi III DPR RI bersama Menpora Dito Ariotedjo dan Menkumham Supratman Andi Agtas pada Selasa (17/9/2024).

Topik Menarik