Klarifikasi Kaesang di KPK: Jet Pribadi untuk Perjalanan ke AS Milik Teman Inisial Y

Klarifikasi Kaesang di KPK: Jet Pribadi untuk Perjalanan ke AS Milik Teman Inisial Y

Terkini | inews | Selasa, 17 September 2024 - 15:59
share

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap sosok teman dari Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep yang disebutkan memberikan tumpangan jet pribadi untuk bepergian ke Amerika Serikat (AS). Inisial teman Kaesang yakni Y.

"Inisial Y, kalau gak salah depannya," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan Selasa (17/9/2024).

Kendati begitu, Pahala menyebut Kaesang tak menjelaskan secara rinci latar belakang sosok temannya tersebut. KPK akan mendalami lebih lanjut sosoknya.

"Tapi kita nggak tahu nih, benar nggak nama lengkapnya ini, WNI apa WNA atau apa. Jadi dia bilang pesawat punya siapa, nanti kita konfirmasi lagi," ujar dia.

Sebelumnya, Kaesang Pangarep mendatangi Gedung KPK untuk mengklarifikasi terkait penggunaan jet pribadi saat melakukan kunjungan ke Amerika Serikat beberapa waktu lalu bersama sang istri, Erina Gudono.

Kaesang mengaku jet pribadi yang ditumpanginya itu merupakan milik seorang rekan atau temannya.

"Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang numpang atau bahasa bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya," kata Kaesang.

Kaesang tak menjelaskan detail identitas temannya itu. "Jadi intinya untuk lebih lanjutnya bisa ditanyakan ke KPK untuk lebih detailnya dan lebih lanjutnya," ujarnya.

Diketahui, Kaesang dianggap menerima gratifikasi berupa penggunaan jet pribadi. Persoalan tersebut berawal dari hebohnya jagat media sosial terkait Kaesang dan istrinya Erina Gudono yang disinyalir menyewa jet pribadi mewah saat plesiran ke AS.

Postingan ini lantas mengundang rasa penasaran netizen. Warganet menduga Kaesang dan Erina menyewa pesawat jet pribadi mewah. Hal ini terlihat saat Erina memamerkan view jendela pesawatnya.

Topik Menarik