Update Ranking BWF: Ana/Tiwi Jadi Ganda Putri Nomor 1 Indonesia, Putri KW Melonjak Tinggi

Update Ranking BWF: Ana/Tiwi Jadi Ganda Putri Nomor 1 Indonesia, Putri KW Melonjak Tinggi

Olahraga | inews | Selasa, 17 September 2024 - 14:38
share

JAKARTA, iNews.id – Ranking terkini BWF resmi dirilis usai Hong Kong Open 2024, Selasa (17/9/2024). Federasi Bulu Tangkis Dunia itu resmi menempatkan duo Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menjadi ganda putri nomor 1 Indonesia.

Ana/Tiwi sebelumnya berada di posisi ke-12 dunia. Namun, mereka saat ini melompat ke posisi ke-10 dunia usai melaju sampai perempat final Hong Kong Open 2024. Mereka mengudeta Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang sebelumnya berada di urutan ke-10 dunia. 

Perubahan posisi ini terjadi karena Apriyani/Fadia absen di beberapa turnamen setelah Olimpiade Paris 2024. Mereka kini turun ke posisi ke-12 dunia. Dengan begitu, Ana/Tiwi sekarang menjadi ganda putri unggulan pertama untuk Indonesia.

Kemudian di sektor tunggal putri juga mengalami pelonjakan signifikan, khususnya untuk Putri Kusuma Wardani yang menjadi runner up Hong Kong Open 2024. Putri KW naik sembilan tingkat ke posisi 22 dunia. Sementara, Gregoria Mariska Tunjung masih tetap berada di posisi ketujuh dunia.

Sementara di sektor tunggal putra, Jonatan Christie harus turun satu tingkat ke posisi kedelapan dunia. Posisinya yang tadinya berada di urutan ketujuh diambil alih pemain Thailand, Kunlavut Vitidsarn.

Sedangkan Anthony Sinisuka Ginting masih tetap berada di posisi ke-10 dunia. Nasib yang sama juga dialami Chico Aura Dwi Wardoyo yang masih tak bergeser dari posisi ke-32 dunia.

Beralih ke sektor ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto masih menjadi pasangan pertama Indonesia dengan duduk di posisi keenam dunia. Kemudian Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani naik lima tingkat ke posisi ke-17 dunia.

Sabar/Reza tampil moncer di Hong Kong Open 2024. Duet non Pelatnas PBSI Cipayung itu berhasil menembus babak final meski kalah dari Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae asal Korea Selatan.

Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana juga mengalami peningkatan signifikan usai menembus semifinal Hong Kong Open 2024. Leo/Bagas naik 21 tingkat ke peringkat ke-70 dunia. Kemudian Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin juga naik 15 tingkat ke peringkat ke-88 dunia.

Terakhir pada sektor ganda campuran, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja naik satu tingkat ke posisi ke-16 dunia. Mereka menjadi unggulan pertama untuk Indonesia di sektor ganda campuran.

Sementara Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari turun dua tingkat ke posisi ke-18 dunia. Sementara Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati naik satu tingkat ke posisi ke-19 dunia.

Topik Menarik