Tingkatkan Gairah Entrepreneurship di Generasi Muda, Sindonews Goes to Campus Sambangi UPN Veteran Jakarta

Tingkatkan Gairah Entrepreneurship di Generasi Muda, Sindonews Goes to Campus Sambangi UPN Veteran Jakarta

Berita Utama | inews | Selasa, 17 September 2024 - 14:35
share

JAKARTA, iNews.id - Guna meningkatkan gairah entrepreneurship atau kewirausahaan di generasi muda, Sindonews goes to campus menyambangi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, Selasa (17/9/2024). Kunjungan kampus yang berkolaborasi dengan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ini diharapkan dapat memberikan wawasan lebih perihal entrepreneurship bagi mahasiswa.

Pemimpin Redaksi Sindonews.com, Pung Purwanto menuturkan, kunjungan ke UPN Veteran Jakarta menjadi lawatannya yang kedua. Akan tetapi, pertemuan dengan mahasiswa UPN Veteran Jakarta tersebut menjadi spesial karena kali ini ditujukan untuk edukasi peningkatan wirausaha.

"Tema kunjungan kita kali ini dibahas bersama dengan Kementerian Investasi/BKPM, jadi tujuannya meningkatkan entrepreneurship melalui kemudahan pemberian izin berwirausaha," ujar Pung di lokasi, Selasa (17/9/2024).

Pung menambahkan, tema Sindonews goes to Campus kali ini yakni 'Bekal buat si Paling Entrepreneur: Inovasi Kemudahan Perizinan'. Dia menjelaskan, kemudahan izin usaha diharapkan dapat menjadi pemicu anak muda agar lebih tertarik memulai wirausaha saat ini. 

"Jadi kita bersama Kementerian Investasi ingin menyampaikan ke mahasiswa, bahwa wirausaha itu mudah. Izin membuka usaha itu dapat diperoleh dalam waktu 30 menit menurut Kementerian Investasi," kata Pung.

Lebih lanjut, Pung mengungkapkan melalui lawatan Sindonews tersebut, mahasiswa semakin terbuka kesempatan berkarya di masa depan selain menjadi pekerja kantoran. Untuk itu, dia berharap para mahasiswa UPN Veteran Jakarta dapat mewujudkan ide-ide bisnis secara nyata, tanpa perlu berhenti di angan-angan semata.

"Penjelasan diskusi kita kali ini juga, tidak hanya teori tetapi bisa langsung praktek. Karena kali ini pembicara yang hadir berkompeten baik dari sisi akademisi, praktisi dan entrepreneur muda yang sukses," tuturnya.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UPN Veteran Jakarta, Dr Jubaedah, SE, MM, mengatakan, lawatan Sindonews goes to Campus menjadi kegiatan yang bermanfaat bagi mahasiswanya. Ia menuturkan, gairah berwirausaha merupakan program yang juga didorong oleh UPN Veteran Jakarta kepada mahasiswanya.

"Melalui kegiatan Sindonews goes to Campus kali ini, kami memandang ini sebagai suatu hal yang bermanfaat karena dapat membuka wawasan serta pengetahuan bagi mahasiswa yang sudah menjadi enterpreneur maupun yang tengah berminat di dunia usaha," ucap Jubaedah.

Jubaedah pun mengatakan perihal perizinan usaha ini memang diakuinya menjadi momok menakutkan bagi para anak muda dan mahasiswa. Ia melanjutkan, pengetahuan kemudahan perizinan yang langsung disampaikan oleh Kementerian Investasi/BKPM, mahasiswa UPN Veteran Jakarta semakin percaya diri saat mengembangkan ide usahanya.

"Ternyata melalui acara Sindonews goes to Campus ini, para mahasiswa semakin terbuka informasinya perihal perizinan usaha. Jadi ke depannya, wirausaha muda lebih bisa fokus kepada pengembangan ide produk usaha dibandingkan administrasi yang sebelumnya berbelit-belit," katanya.

Diketahui, Sindonews goes to Campus ini pun menghadirkan perwakilan Kementerian Investasi/BKPM, yakni Deputi bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal, Riyatno. Selain itu, pembicara dalam diskusi entrepreneurship juga diisi oleh pengajar Global Bussiner Marketing Binus Bussiness School, Wahyu T. Setyobudi.

Kemudian, pembicara lainnya yakni Kepala Pusat Inkubator Bisnis UPN Veteran Jakarta, Ranila Suciati. Dan terakhir, pembicara juga dihadirkan dari kalangan entrepreneur muda yakni founder Dapur Bu Sastro, Izma Yuliansyah. 

Topik Menarik