KRI Bima Suci Berlayar ke Vladivostok Rusia, Lanjutkan Misi Diplomasi

KRI Bima Suci Berlayar ke Vladivostok Rusia, Lanjutkan Misi Diplomasi

Terkini | inews | Selasa, 17 September 2024 - 11:17
share

JAKARTA, iNews.id - KRI Bima Suci melanjutkan pelayaran menuju Vladivostok, Rusia, Senin (16/9/2024). Pelayaran ini bagian dari Misi Diplomasi Muhibah Duta Bangsa dan Latihan Praktik (Lattek) Kartika Jala Krida 2024 (KJK 2024).

Sebelum ke Rusia, KRI Bima Suci singgah selama 4 hari di Korea Selatan.

Keberangkatan KRI Bima Suci ke Rusia ini merupakan pelayaran etape ketujuh. Kapal dilepas langsung oleh Atase Pertahanan Republik Inondesia untuk Korea Selatan Mayor Laut (P) Americo Libiyadi dan para personel Angkatan Laut Korsel.

KRI Bima Suci direncanakan tiba di Vladivistok, Rusia pada 20 September 2024.

Selama bersandar di Korea Selatan, KRI Bima Suci melaksanakan berbagai kegiatan seperti open ship, courtesy call dengan jajaran AL Korsel, cocktail party, aktivitas olahraga hingga kunjungan kebudayaan ke kota Busan.

Komandan KRI Bima Suci selaku Dansatgas KJK 2024 Letkol Laut (P) Hastaria Dwi Prakoso menyampaikan, dalam misi pelayaran ini para Taruna Tingkat III AAL Angkatan ke-71 belajar mengenai ilmu-ilmu pelayaran.

"Juga memperkenalkan berbagai kesenian dan budaya Indonesia serta memperlihatkan kepada negara yang disinggahi akan keindahan kapal latih layar tiang tinggi kebanggaan TNI AL, penerus sang legenda KRI Dewa Ruci," tulis keterangan Puspen TNI, Selasa (17/9/2024).

KRI Bima Suci membawa sebanyak 98 prajurit KRI dan 189 Taruna tingkat III Akademi TNI AL (AAL) Angkatan ke-71 tahun 2024 yang dibagi dalam beberapa gelombang.

Kapal berlayar selama 90 hari atau sekitar 3 bulan dengan menempuh jarak 10.715 NM.

Topik Menarik