Kisah Masa Remaja Ken Arok Pendiri Kerajaan Singasari, Jadi Penjahat hingga Perkosa Gadis

Kisah Masa Remaja Ken Arok Pendiri Kerajaan Singasari, Jadi Penjahat hingga Perkosa Gadis

Terkini | inews | Selasa, 17 September 2024 - 07:36
share

MALANG, iNews.id - Ken Arok merupakan pendiri Kerajaan Singasari yang dahulunya bernama Tumapel. Sebelum menjadi raja, kehidupan Ken Arok di masa remaja pernah menjadi penjahat paling ditakuti di masanya hingga memerkosa seorang gadis. 

Dikisahkan dalam Kitab Pararaton, Ken Arok bersama rekannya mendirikan sebuah pondok di Tegal Desa Senja, di sebelah timur Desa Sagenggeng. Di sana Ken Arok bersama rekannya menjadi penyamun dan membegal orang-orang yang melewati jalan.

Diperkirakan wilayah Sagenggeng saat ini masuk Dusun Segenggeng, Desa Wonokerso, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Adapun Sanja yang berada di sebelah timurnya saat ini menjadi Dusun Pesanggrahan, yang berada di bagian utara Desa Wandanpuro, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang. 

"Dasar pertimbangannya ialah lokasi Dusun Pesanggrahan tepat berada di sebelah timur Dusun Segenggeng," dikutip dari buku Pararaton: Biografi Para Raja Singhasari dan Majapahit, Selasa (17/9/2024).

Kedua, Sanja jika diberi imbuhan pa-an, akan menjadi Pasanjan yang memiliki makna mirip dengan Pasanggrahan yaitu 'tempat singgah'. Selain itu, lokasi Dusun Pesanggrahan di Desa Wandanpuro juga strategis untuk melakukan pengadangan karena berada di jalur Tumapel menuju Turyantapada sekarang Kecamatan Turen.

Bahkan kekejaman Ken Arok juga membuat seorang perempuan menjadi korbannya. Dia diculik dan diperkosa di Hutan Adiyuga. Boleh dibilang, inilah pertama kalinya Ken Arok melakukan tindak kejahatan terhadap perempuan. 

Pada Kakawin Pararaton hasil pembacaan JLA Brandes, ahli epigraf tertulis hutan tersebut milik warga Kapundungan, sedangkan dalam Pararaton keropak 19 L 600 hasil pembacaan Agung Kriswanto, tertulis Hutan Adiyuga milik warga Mundung.

Penyebutan Mundung disebut beberapa ahli sejarah lebih masuk akal daripada Kapudungan. Sebab lokasinya berada di sebelah utara Segenggeng, sedangkan Tegal Sanja tempat Ken Arok dan Tuan Tita, rekan kerja Ken Arok membegal berada di sebelah timur Sagenggeng.

Kabar Ken Arok dan rekannya yang menjadi pelaku kejahatan kelas atas membuat Tunggul Ametung, penguasa Tumapel kala itu marah. Dia bertekad melenyapkan Ken Arok yang kala itu masih berusia remaja. Apalagi kabar Ken Arok sebagai begal sudah terdengar hingga pemerintahan Daha, Kerajaan Kediri yang menjadi wilayah atasan Tumapel.

Ken Arok akhirnya pergi dari Sagenggeng. Tapi nasib sang sahabat Tuan Tita dalam Pararaton tidak lagi diketahui juga. Apakah dia berhasil lolos dari penangkapan pasukan Tumapel atau terbunuh oleh anak buah Tunggul Ametung, tidak ada jejak dan catatan sejarahnya.

Topik Menarik