Perenang Jakarta Joe Aditya Persembahkan Emas PON 2024 untuk Sulteng, Kok Bisa?

Perenang Jakarta Joe Aditya Persembahkan Emas PON 2024 untuk Sulteng, Kok Bisa?

Olahraga | inews | Senin, 16 September 2024 - 22:16
share

MEDAN, iNews.id - Perenang nasional, Joe Aditya meraih medali emas PON 2024 untuk DKI Jakarta. Namun dia mempersembahkannya ke Sulawesi Tengah. 

Joe berhasil meraih medali emas di final nomor 100 meter (M) gaya kupu-kupu putra. Pertandingan itu digelar di Kolam Renang Selayang Medan, Senin (16/9/2024) sore WIB. 

Namun, saat pengalungan medali, Joe tampak biasa saja. Tidak ada senyum merekah di bibirnya layaknya seorang pemenang. 

Bahkan, wajahnya terlihat sangat muram. Senyum kebahagiaan dari seorang atlet yang selalu terpancar saat menerima medali tidak berlaku bagi Olimpian Paris 2024 itu. 

Ternyata, Joe memang setengah hati mendulang medali untuk Jakarta. Sebab, dia selalu didukung penuh oleh Sulawesi Tengah selama dua tahun terakhir sehingga dia mempersembahkan medali emasnya itu untuk Sulawesi Tengah. 

"Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih atas pembinaan dari Provinsi Sulawesi Tengah. Karena hingga 2022 hingga saat ini saya sudah bersama Sulawesi Tengah," kata Joe dilansir dari rilis PON 2024, Senin (15/9/2024). 

"Jadi, medali emas yang saya dapatkan ini saya persembahkan kepada Sulawesi Tengah," ucapnya.

Sebelumnya, Joe Aditya memang terdaftar untuk dua kontingen sekaligus di PON 2024, yakni Sulawesi Tengah dan DKI Jakarta. Namun, pada akhirnya diputuskan bahwa dia membela tim ibu kota. 

Dalam perlombaan renang 100 meter gaya kupu-kupu putra Joe berhasil mencatatkan waktu tercepatnya 53.03 detik. Sementara medali perak juga direbut perenang DKI Jakarta yakni Azel Zelmi Aryalingga dengan waktu 54.31 detik. 

Lalu medali perunggu direbut perenang Jawa Timur, Andi Muhammad Nurrizki Febrian. Dia menorehkan waktu 55.46 detik

Topik Menarik