Kronologi Napi Lapas Cipinang Ditemukan Tewas di Sel Tahanan, Sempat Pesan Makanan 

Kronologi Napi Lapas Cipinang Ditemukan Tewas di Sel Tahanan, Sempat Pesan Makanan 

Terkini | inews | Senin, 16 September 2024 - 13:09
share

JAKARTA, iNews.id - Narapidana berinisial D (47) ditemukan tewas di dalam sel Lapas Cipinang, Jatinegara, Jakarta Timur pada Minggu (15/9/2024). Korban diduga meninggal dunia karena sakit. 

"Tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan benda tumpul maupun tajam dan dapat diperkirakan orang tersebut meninggal karena sakit," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi, Senin (16/9/2024).

Kronologi D ditemukan tewas bermula dari saat saksi narapidana berinisial EJS bertemu dengan korban usai mandi pada Sabtu (14/9/2024) pukul 17.30 WIB. Korban sempat meminta tolong kepada saksi agar makanannya diantar ke kamar. 

"Korban sempat memesan perihal makanan yang minta tolong untuk diantar ke kamar korban," katanya.

Pada pukul 21.00 WIB, kata Ade Ary, saksi narapidana lain menerima makanan dari pihak lapas. Kemudian makanan diantar dan melihat korban sedang tidur di kamar.

"Keesokan harinya pada Minggu 15 September 2024, saksi kembali menuju ke kamar korban dan saat itu saksi melihat makanan yang tadi malam dikirim oleh saksi masih berada pada lokasi yang sama dan melihat korban posisi tertidur tertelungkup," katanya.

Selanjutnya, kata Ade Ary, saksi I memberikan informasi kepada rekan narapidana lain, dan menindaklanjuti laporan tersebut kepada saksi 2 yang bertugas pada Minggu (15/9).

Saksi 2 selaku petugas melalukan pemeriksaan untuk memastikan jumlah tahanan narapidana. Mereka diarahkan untuk masuk kembali ke kamarnya masing-masing.

"Saksi 2 mendapat informasi bahwa salah satu narapidana telah meninggal dunia di dalam kamar dalam posisi telungkup. Selanjutnya saksi 2 melakukan pelaporan secara berjenjang kepada Danton jaga saat itu, dan diteruskan kepada KPLP guna proses lebih lanjut," katanya.

Topik Menarik