PT LIB Sediakan VAR untuk PON Berikutnya Buntut Insiden Kontroversial Laga Aceh Vs Sulteng

PT LIB Sediakan VAR untuk PON Berikutnya Buntut Insiden Kontroversial Laga Aceh Vs Sulteng

Olahraga | inews | Senin, 16 September 2024 - 11:01
share

JAKARTA, iNews.id – Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus,  menyatakan pihaknya siap menyediakan Video Assistant Referee untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) berikutnya. 

Pernyataan PT LIB ini menyusul terjadinya insiden kontroversial dalam laga perempat final cabang olahraga sepak bola PON XXI Aceh-Sumut 2024 antara Aceh vs Sulawesi Tengah (Sulteng), Sabtu (14/9/2024) malam. 

Dalam laga di Stadion Haji Dimurthala, Banda Aceh itu terdapat banyak keputusan wasit yang kontroversial. Ada tiga kartu merah yang diberikan wasit kepada pemain tim Sulteng. Wasit juga memberikan dua hadiah penalti untuk Aceh. 

Klimaksnya, bek Sulteng Muhammad Rizki emosi, dan meninju wasit Eko Agus Sugiharto. Pukulan tersebut membuat sang pengadil ambruk dan sempat tak sadarkan diri. 

Insiden itu membuat PT LIB ikut berkomentar dan mengingatkan wasit untuk menjaga integritasnya. Ferry juga menyampaikan, PT LIB siap memberikan dukungan dengan membantu dalam penyediaan VAR agar insiden seperti itu tidak lagi terjadi pada gelaran PON selanjutnya.

“Meski tidak ada wasit Liga 1 di PON 2024, kami akan selalu mengingatkan pentingnya integritas wasit. Berangkat dari insiden kemarin, pada perhelatan PON berikutnya, kami siap memberikan dukungan penuh. Termasuk membantu dalam bentuk penyediaan VAR dan perangkatnya,” tutur Ferry dalam rilis PT LIB, Senin (16/9/2024).

Terkait kepemimpinan wasit di lapangan, Ferry menginformasikan bahwa pihaknya selama ini selalu fokus pada kualitas dan integritas wasit. Terutama deretan wasit yang dipercaya memimpin pertandingan di Liga 1, Liga 2,  dan kompetisi usia muda yang dikelola Liga Indonesia.

“Banyak kebijakan yang kami lakukan agar kualitas dan integritas wasit selalu terjaga. Bekerjasama dengan Komite Wasit PSSI, kami selalu melakukan penyegaran wasit pada awal musim serta up date kualitas wasit  secara keseluruhan. Misalnya pemahaman wasit dengan adanya VAR,” ujarnya.

“Kami bersyukur, sejauh ini tidak ada keputusan fatal dari para wasit yang bertugas di Liga-1 2024/25.  Begitu juga kepemimpinan di Liga-2 2024/25,” Ferry melanjutkan.

PSSI saat ini sedang melakukan investigasi untuk mengusut tuntas pertandingan kontroversial tersebut. Bahkan, PSSI juga akan menunjuk wasit Liga 1 atau 2 untuk nantinya memimpin di sisa laga PON 2024.

PT LIB mengonfirmasi tidak akan mengutus wasit Liga 1 2024-2025, melainkan, mereka akan memberikan kesempatan kepada wasit yang baru promosi bertugas ke kompetisi Liga-2 musim ini untuk bertugas di ajang empat tahunan tersebut. 

Topik Menarik