Tembok Sekolah di Bandung Barat Ambruk usai Diguncang Gempa Sukabumi M5,3

Tembok Sekolah di Bandung Barat Ambruk usai Diguncang Gempa Sukabumi M5,3

Terkini | inews | Senin, 16 September 2024 - 10:41
share

BANDUNG BARAT, iNews.id - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,3 mengguncang Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (15/9/2024) sore. Guncangan gempa ini mengakibatkan tembok sekolah ambruk di SDN Tipar, Desa Laksanamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Pantauan iNews di lokasi, sejumlah warga sedang membersihkan material tembok yang roboh akibat gempa Sukabumi, Senin (16/9/2024) pagi. Tak ada korban dalam kejadian ini karena aktivitas sekolah sedang libur.

"Kejadiannya kemarin, berbarengan dengan gempa Sukabumi. Kami dapat laporannya kemarin dari penjaga sekolah," ujar Igan Sunarlan salah seorang guru, Senin (16/9/2024).

Menurutnya, kondisi tembok pembatas itu sebelumnya memang sudah agak miring karena beberapa kali diguncang gempa. 
Hingga akhirnya saat gempa kembali mengguncang Sukabumi dan menyebabkan tembok sepanjang 30 meter ambruk.

 "Gak sepenuhnya ambruk, ada yang tersisa sedikit. Cuma karena menutupi jalan (pemakaman), jadi sekarang kami langsung bereskan materialnya," kata Igan.

Dia mengaku belum mengecek apakah ada ruangan kelas atau bagian lain yang rusak akibat gempa bumi tersebut. 

"Alhamdulillah kejadiannya saat anak-anak sedang libur jadi tidak sampai ada korban. Untuk kondisi kelas juga mudah-mudahan enggak ada yang rusak, memang belum kami cek karena fokus ke bersih-bersih ini dulu," ucapnya.

Diketahui, gempa bumi berkekuatan M5,3 mengguncang Sukabumi, Minggu (15/9/2024) pukul 16:54 WIB. Hasil analisis BMKG, gempa berpusat pada titik koordinat  7.81 Lintang Selatan (LS)-106.55 Bujur Timur (BT) atau 91 KM selatan Kabupaten Sukabumi dengan kedalaman 10 km.

Topik Menarik