Bangga! Sandiaga Uno Umumkan Produk Kacang Kenari Asli Ternate Juara AKI 2024 

Bangga! Sandiaga Uno Umumkan Produk Kacang Kenari Asli Ternate Juara AKI 2024 

Travel | inews | Sabtu, 14 September 2024 - 22:58
share

JAKARTA, iNews.id - Perasaan Irmawati A. Husen (43), campur aduk. Dia senang karena produk Kacang Kenarinya, Ifamoy, berhasil memenangkan AKI 2024. 

Ifamoy menjadi salah satu produk kuliner yang sukses menjadi juara dua di pergelaran AKI yang digelar pada 13-15 September 2024. Di malam Puncak Apresiasi AKI 2024 yang digelar di Sumarecon Serpong, Tangerang, Rabu, (14/9/2024), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengumumkan ketiga pemenang AKI 2024. Salah satunya, produk Irmawati itu. 

“Saya bangga dan senang. Produk asli Ternate bisa menjadi pemenang di AKI 2024, padahal 12 peserta lainnya juga bagus-bagus,” ujar Irmawati peserta asal Halmahera Selatan. 

Irmawati tak menyangka dia menjadi juara, padahal dirinya sempat hampir telat untuk mendaftar. “Saya baru daftar di hari terakhir. Hampir saja telat, tapi Alhamdulillah masih sempat,” katanya.

Saat ditanya apa keunggulan dari Ifamoy, Irmawati menjelaskan, dia memanfaatkan kekayaan alam Ternate, yaitu kacang kenari yang menjadi salah satu hasil alam nan melimpah di sana. Selain Kacang Kenari, Irma juga mengolah ikan tuna yang diklaim menjadi ikan tuna terbaik di Indonesia, dan banyak ditemukan di Ternate. 

“Saya melihat di daerah Ternate belum banyak yang mengolah kacang kenari menjadi sesuatu yang komersil. Biasanya di sana kacang kenari hanya diolah menjadi kue Lebaran, atau kue Natal,” tuturnya.  

“Karena banyak yang belum ngolah dan karena pasarnya ada, akhirnya saya memanfaatkan peluang tersebut, dan ternyata pasar internasional pun suka," katanya lagi.

Irma mengungkapkan, brand Ifamoy sudah pernah dibawa ke Turki dan Moskow. Pasar internasional tersebut menyambut baik kacang kenari khas Ternate hasil olahannya. 

Sebagai informasi, Apresiasi Kreasi Indonesia bertujuan untuk menciptakan dan mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif bagi para pelaku industri dan komunitas kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran bagi para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi/games, film, dan musik. 

Terbagi menjadi tiga tahapan pelaksanaan, yaitu bootcamp sebagai sesi penambahan ilmu bisnis, pameran, dan nantinya peserta terbaik dari berbagai kota penyelenggaraan AKI 2024 kemudian diikutkan dalam pameran puncak AKI ini.

Topik Menarik