Donald Trump Kapok Debat dengan Kamala Harris

Donald Trump Kapok Debat dengan Kamala Harris

Berita Utama | inews | Jum'at, 13 September 2024 - 08:25
share

WASHINGTON DC, iNews.id - Mantan Presiden AS Donald Trump tidak akan mau lagi berpartisipasi dalam debat capres lainnya melawan pesaingnya di Pilpres 2024, Wakil Presiden Kamala Harris.

“TIDAK AKAN ADA DEBAT KETIGA!” tulisnya di platform media sosial Truth Social, Kamis (12/9/2024).

Debat capres perdana Trump berlangsung pada Juni lalu, saat dia berhadapan dengan Presiden petahana Joe Biden--yang sempat digadang-gadang menjadi capres dari Partai Demokrat. Sementara, debat keduanya digelar pada Selasa (10/9/2024 lalu, melawan Harris.

Sebelumnya, Harris--yang menggantikan Biden sebagai capres Demokrat--mengatakan bahwa para pemilih AS berhak menyaksikan debat lain antara dirinya dan Trump. Hal itu dia sampaikan kepada para pendukungnya dalam sebuah rapat umum di Carolina Utara pada Kamis.

Enam donor Partai Republik dan tiga penasihat Trump yang berbicara kepada Reuters belum lama ini mengatakan mereka menilai Harris telah memenangkan debat tersebut terutama karena Trump tidak mampu menyampaikan pesan-pesannya. Debat yang disiarkan ABC News tersebut menarik 67,1 juta pemirsa televisi, menurut data Nielsen.

Trump mengklaim bahwa berbagai jajak pendapat menunjukkan dia memenangkan debat. Namun beberapa survei justru menunjukkan bahwa para responden menganggap Harris lebih baik.

Di antara pemilih yang mengaku telah mendengar debat itu, sebanyak 53 persen mengatakan Harris menang dan 24 persen mengatakan Trump yang menang, menurut jajak pendapat Reuters/Ipsos yang dirilis pada Kamis.

Mayoritas pengamat debat juga mengatakan Harris mengungguli Trump, menurut jajak pendapat kilat CNN yang dirilis tak lama setelah debat. YouGov menunjukkan 54 persen dari mereka yang disurvei mengatakan Harris menang. Sementara 31 persen mengatakan Trump adalah pemenangnya.

Topik Menarik