Sandiaga Uno Perkuat Promosi Desa Wisata di Semarang melalui Beti Dewi

Sandiaga Uno Perkuat Promosi Desa Wisata di Semarang melalui Beti Dewi

Travel | inews | Kamis, 12 September 2024 - 23:37
share

SEMARANG, iNews.id - Desa wisata di Semarang sangat menarik untuk dieksplorasi. Bahkan, desa-desa ini memiliki potensi besar di sektor ekonomi kreatif.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membuktikan komitmen untuk memperkuat promosi desa-desa wisata di Indonesia, khususnya di Semarang melalui program Beli Kreatif Desa Wisata (Beti Dewi) 2024.

Menparekraf Sandiaga dalam sambutannya saat menghadiri acara Beti Dewi Kreatif Semarang di Kampung Jadhoel Semarang, Kamis (12/9/2024), menyampaikan program Beti Dewi 2024 merupakan salah satu upaya dalam mendorong target 1,5 miliar pergerakan wisatawan nusantara. 

“Dan Jawa Tengah ini merupakan episentrum pergerakan wisatawan nusantara karena 70-78 persen di Pulau Jawa dan Jawa Tengah ini ada di titik sentral,” kata Menparekraf Sandiaga. 

Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu penyumbang perjalanan wisatawan nusantara terbesar dan menyimpan potensi luar biasa sebagai destinasi wisata. Daya tarik alam, kuliner, serta seni dan budaya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung. Dan salah satu potensi yang layak untuk dikembangkan adalah desa wisata.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, pengelolaan desa wisata ini sekarang masuk program jangka menengah dan jangka panjang. Ia berharap program desa wisata ini bisa menjadi prioritas dan berkelanjutan. 

“Jadi siapa pun nanti menterinya, program desa wisata ini akan dilanjutkan karena sudah masuk ke dalam arsitektur program teknokrasi pembangunan kita sampai 2029,” kata Menparekraf Sandiaga. 

Dalam memperkuat promosi desa wisata, Kemenparekraf pun memperluas kolaborasi dengan stakeholder pariwisata termasuk dengan 5 OTA mitra (Traveloka, Tiket.com, Mister Aladin, Atourin & Djalanin.com). 

Kemenparekraf juga memberikan pendampingan, penyusunan dan pembuatan paket-paket wisata, serta mempromosikan produk wisata dan ekonomi kreatif yang dimiliki oleh desa wisata penerima penghargaan ADWI serta Desa Wisata lainnya di Provinsi Jawa Tengah di platform mitra Online Travel Agent (OTA) melalui program Promosi Desa Wisata ”Beli Kreatif Desa Wisata (Beti Dewi) 2024”. 

“Jadi, bukan hanya paket-paket wisata tapi produk-produk ekonomi kreatif tadi ada produk kuliner, fesyen, dan juga ada produk kriya ini mudah-mudahan para mitra kita travel agent bisa mendorong eh lebih banyak pembelian, dan juga transaksi. Sehingga bukan hanya kunjungan di desa wisata yang meningkat tapi juga produk-produk ekonomi kreatifnya juga laku,” kata Menparekraf Sandiaga. 

Turut mendampingi Menparekraf Sandiaga, Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf, Dwi Marhen Yono; dan Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Borobudur, Agustin Peranginangin.

Hadir pula Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Sekda Kota Semarang, Hernowo Budi Luhur; Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Agung Hariyadi; Kadisporapar Kabupaten Sragen, Joko Hendang Murdono; Kadispar Kabupaten Semarang, Wiwin Sulistyowati, Kadisbudpar Kota Semarang Wing Wiyarso; dan Kadisporapar Kabupaten Kendal, Achmad Ircham.

Topik Menarik