5 Alternatif Susu Sapi selain Susu Ikan, Punya Manfaat Baik untuk Tubuh

5 Alternatif Susu Sapi selain Susu Ikan, Punya Manfaat Baik untuk Tubuh

Travel | inews | Kamis, 12 September 2024 - 13:46
share

JAKARTA, iNews.id - Belakangan ini susu ikan menjadi perbincangan publik. Sebab, Calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memasukkan menu tersebut dalam program makan siang gratis.

Susu ikan ini akan menjadi alternatif susu sapi. Susu ikan merupakan produk inovasi anak bangsa yang pertama kali diperkenalkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Kementerian Koperasi dan UKM.

Kehadiran susu alternatif membuat sebagian individu memilih jenis susu ini sebagai pengganti susu sapi. Pada dasarnya, susu alternatif maupun susu sapi sama-sama memiliki manfaat untuk tubuh. Namun, sebelum memilihnya, sangat penting untuk memahami perbedaan susu sapi dengan susu alternatif.

Susu merupakan minuman yang mengandung nutrisi. Salah satu jenis susu yang sering dikonsumsi adalah susu sapi. Namun, bagi sebagian orang dengan kondisi tertentu, mengonsumsi susu alternatif menjadi pilihan yang lebih tepat.

Biasanya mereka dengan kondisi alergi pada susu sapi, memiliki intoleransi laktosa, dan menjalani pola makan vegetarian atau vegan memilih susu alternatif untuk tambahan nutrisinya.

Selain susu ikan, ada beberapa alternatif susu selain susu sapi. Berikut ulasannya dirangkum pada Kamis (12/9/2024).

1. Susu almond

Susu almond terbuat dari kacang almond. Susu almond dibuat dengan cara memblender satu porsi kacang almond basah dengan tiga porsi air, kemudian disaring. Susu almond banyak disukai karena memiliki lemak tak jenuh yang tinggi dan lemak jenuhnya rendah. Walaupun bukan sumber protein yang baik, susu almond mengandung kadar kalsium dan vitamin E yang lebih tinggi dari susu sapi.

2. Susu gandum atau oat

Belakangan susu gandum atau oat cukup populer di kalangan masyarakat. Bahkan susu ini juga dijadikan alternatif untuk pengganti susu sapi pada minuman kopi. Susu gandum kaya akan vitamin B kompleks, kalori, dan karbohidrat. Akan tetapi, susu gandum bukan sumber vitamin D yang baik karena kadarnya yang rendah.

3. Susu hazelnut

Susu hazelnut memiliki rasa kacang yang lebih kuat daripada susu almond. Biasanya paling banyak digunakan dalam kopi dan kue. Susu hazelnut memiliki kadar kalori yang rendah dan bebas gluten, tanpa kolesterol atau lemak jenuh. Susu hazelnut juga mengandung vitamin E, yang membantu meningkatkan kesehatan kulit, rambut, dan jantung. Namun perlu diketahui, susu hazelnut mengandung gula yang tinggi dan mengandung sedikit protein

4. Susu kedelai

Perlu diketahui susu kedelai ternyata memiliki kadar protein yang dapat disejajarkan dengan susu sapi. Oleh sebab itu, susu kedelai dapat menjadi pengganti yang baik bila Anda alergi susu sapi.

5. Susu kambing

Susu kambing memiliki kadar laktosa lebih rendah daripada susu sapi. Struktur protein keduanya pun berbeda, sehingga susu kambing lebih mudah dicerna bila Anda mengalami intoleransi laktosa. Susu kambing mengandung protein, kalsium, fosfor, kalium, magnesium, vitamin A, dan vitamin C yang lebih tinggi dibanding susu sapi. Akan tetapi perlu dicatat, susu kambing mengandung lebih banyak lemak jenuh dalam setiap gelasnya.

Topik Menarik