Terungkap! Ini Alasan Shin Tae-yong Pakai Taktik Bertahan Lawan Australia

Terungkap! Ini Alasan Shin Tae-yong Pakai Taktik Bertahan Lawan Australia

Olahraga | inews | Rabu, 11 September 2024 - 06:55
share

JAKARTA, iNews.id- Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengungkap alasan timnya main bertahan melawan Australia. Salah satunya karena masalah fisik.

Timnas Indonesia bermain imbang dengan Australia 0-0 di laga kedua Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pertandingan itu berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Selasa (10/9/2024) malam WIB.

Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia bermain bertahan sepanjang pertandingan. Berdasarkan statistik, Skuad Garuda hanya mampu menorehkan 37 persen penguasaan bola.

Ragnar Oratmangoen dan kolega juga hanya bisa melepaskan lima tembakkan, dua diantaranya tepat sasaran. Berbanding terbalik dengan Australia yang bermain ofensif.

Socceroos -julukan Timnas Australia- mampu membukukan 19 tembakkan dengan lima diantaranya tepat sasaran. Solidnya pertahanan Timnas Indonesia serta penampilan impresif dari kiper Maarten Paes membuat Australia kesulitan.

Usai pertandingan, Shin mengakui Skuad Garuda diinstruksikan untuk bermain defensif. Pelatih asal Korea Selatan itu menerapkan taktik bertahan karena sadar dengan keunggulan fisik dari Australia.

"Pastinya Australia lebih baik daripada Indonesia, mulai dari fisik," ujar Shin dalam konferensi pers pascalaga, Selasa (10/9/2024).

"Jadi, mau tidak mau kita harus bertahan terlebih dahulu, lalu memanfaatkan serangan balik," tambahnya.

Terlepas dari itu, Shin merasa senang dengan kerja keras dan mental anak asuhnya. Dia minta para pemain terus berkembang dan tidak cepat puas dengan hasil yang sudah diraih.

"Memang, bisa dibilang kami selalu diserang. Tetapi, jika melihat mental saja, mungkin Indonesia dan Australia sama saja. Para pemain sudah bekerja keras. Sekarang kita hanya bisa menatap ke depan dan tim mau tidak mau harus berkembang terus. Jadi, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para pemain," ucap Shin.

Sementara itu, Timnas Indonesia akan bersua dengan Bahrain untuk laga ketiga Grup C. Pertandingan itu akan berlangsung di Bahrain National Stadium, Riffa pada 10 Oktober 2024 mendatang.

Topik Menarik