Sandiaga Uno Ungkap 3 Desa Wisata Terbaik di Indonesia dengan Daya Tarik Menakjubkan!

Sandiaga Uno Ungkap 3 Desa Wisata Terbaik di Indonesia dengan Daya Tarik Menakjubkan!

Berita Utama | inews | Selasa, 10 September 2024 - 00:15
share

JAKARTA, iNews.id - Desa wisata yang ada di Indonesia memiliki daya tarik tersendiri dalam mendatangkan wisatawan. Salah satu desa wisata yang memiliki potensi tersebut adalah Desa Wisata Sanankerto, Desa Wisata Ranupani, dan Desa Wisata Jagalan.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengungkap tiga desa wisata terbaik dalam program Kampanye Sadar Wisata (KSW) 5.0. Tiga desa wisata itu yakni Desa Wisata Sanankerto, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Desa Wisata Ranupani, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dan Desa Wisata Jagalan, Kabupaten Bantul, DIY.

Tiga desa wisata tersebut masing-masing memiliki keunggulan yang menjadi potensi menggaet banyak wisatawan berkunjung.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengungkap keunggulan tersebut, salah satunya dari Desa Wisata Sanankerto.

“Sanankerto itu aspek keberlanjutannya (kelebihan). Karena itu memiliki bun pring (kebun bambu) yang menjadi daya tarik utama,” ujar Sandiaga, Selasa (10/9/2024).

Sandiaga mengatakan keunggulan dari Desa Wisata Ranupani ialah lokasinya yang tinggi dan berada di lereng Gunung Semeru. Menurutnya, desa wisata ini memiliki aspek ketangguhan mengingat kawasannya yang rawan terkena bencana. "Ranupani ini selalu bisa survive. Ini ada aspek ketangguhan,” kata Sandiaga.

Satu lagi ialah keunggulan dari Desa Wisata Jagalan. Sandiaga mengungkap keunggulan dari desa ini ialah produk-produk ekonomi kreatifnya. Produk tersebut meliputi batik, kerajinan perak dan tembaga wayang, jamu tradisional hingga beragam kuliner.

Potensi pariwisata dari desa wisata di Indonesia ini pun diharapkan bisa selalu terjamah sehingga terus berdampak baik dan berpotensi menggerakkan perekonomian.

Sandiaga berharap program Kampanye Sadar Wisata (KSW) ini terus berlanjut demi memasarkan pariwisata Tanah Air termasuk desa wisata.

Topik Menarik