Waspada, Jakarta Berpotensi Diguncang Gempa Intra-Slab Kekuatan M7,8 di Selat Sunda

Waspada, Jakarta Berpotensi Diguncang Gempa Intra-Slab Kekuatan M7,8 di Selat Sunda

Terkini | inews | Selasa, 10 September 2024 - 20:59
share

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan gempa yang patut diwaspadai tidak hanya berada pada zona megathrust. Dari skenario BMKG, gempa Intra-Slab Selat Sunda dengan kekuatan Magnitudo (M) 7,8 juga berpotensi mengguncang Jakarta.

Penanggung Jawab Tim Diseminasi Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Septa Anggraini menjelaskan gempa Intra-Slab merupakan gempa yang bersumber di lempeng Samudra bagian paling dalam, bukan berada di zona megathrust.

“Kalau gempa Intra-Slab itu dia lebih dalam lagi, lebih dalam tapi zonanya itu berada di lempeng Samudra yang menunjam bagian dalam,” kata Septa dalam dialog Kesiapsiagaan Provinsi DKI Jakarta Terhadap Ancaman Gempa Bumi Megathrust, di Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Dari hasil pemodelan, kata Septa, gempa Intra-Slab kekuatan M7,8 di Selat Sunda akan menjadi sumber gempa yang harus diwaspadai. Sebab menghasilkan goncangan tanah paling besar dengan intensitas mencapai VII-VIII skala MMI di Jakarta, dengan deskripsi terjadi kerusakan sedang hingga berat.

“Jadi rusak sedang hingga berat dampaknya ke Jakarta. Kita fokus ke wilayah Jakarta,” katanya.

Meski begitu, Septa menegaskan skenario gempa ini merupakan hasil pemodelan yang harus disikapi bisa benar dan bisa salah. Selain itu, tidak ada yang bisa memprediksi waktu kapan akan terjadi gempa. Sehingga, penataan mitigasi dan kesiapsiagaan patut menjadi perhatian semua pihak.

“Ini adalah hasil pemodelan, jadi ini hanya hasil pemodelan ya. Jangan disikapi ini akan beneran, beneran terjadi. Pemodelan itu bisa saja benar, bisa saja salah gitu kan,” pungkasnya.   

Topik Menarik