Desa di Bali Punya Pemandangan Air Terjun Berlapis, Harus Dikunjungi Sebelum Ramai

Desa di Bali Punya Pemandangan Air Terjun Berlapis, Harus Dikunjungi Sebelum Ramai

Travel | inews | Selasa, 10 September 2024 - 14:30
share

JAKARTA, iNews.id - Keindahan alam yang ada di Bali sangat menarik untuk dijelajahi. Apalagi jika singgah ke salah satu desa yang ada di Klungkung, dijamin akan membuat siapa saja terpikat.

Ya, Bali memiliki banyak objek wisata menarik untuk dijelajahi. Tidak hanya pantai dan pegunungan yang eksotis. Jika singgah ke Bali, jangan lewatkan singgah ke salah satu desa, yaitu Lebah Banjar yang ada di Klungkung. 

Desa ini memiliki pemandangan air terjun berlapis yang menakjubkan. Air terjun tersebut bernama Tukad Unda. Wisatawan bisa singgah ke air terjun Tukad Unda. Air terjun yang terlihat datar dan seolah seperti tirai panjang ini ditata rapi oleh alam.

Tempat ini menjadi spot favorit untuk berfoto. Padahal, ini adalah bendungan yang debit airnya cukup banyak dan sering dipakai untuk mengaliri lahan pertanian warga.

Tukad Unda Bali dibangun di salah satu sungai terbesar di Pulau Dewata Bali. Dalam bahasa lokal, tukad berarti sungai dan unda berarti lapisan, sehingga dapat diartikan Tukad Unda adalah sungai yang airnya berlapis-lapis.

"Bendungan Tukad Kali Unda, terletak di Kab. Klungkung Bali. Bendungan tersebut merupakan warisan dari zaman penjajahan Belanda," tulis Instagram @sscibali, dikutip Senin (30/3/2020).

Di bagian Utara air terjun ini, wisatawan bisa melihat pemandangan indah Gunung Agung yang menjulang tinggi. Banyak pohon-pohon rindang di sekitar Air Terjun Tukad Unda yang membuat suasananya sangat asri. Bahkan, tempat wisata ini juga sering dijadikan lokasi foto prewedding.

Jika musim hujan tiba, debit airnya bertambah dan airnya berwarna kecoklatan. Sedikit tips, jangan berfoto prewedding ketika musim hujan. Airnya deras, dan sangat berbahaya.

Tukad Unda terletak di Desa Lebah Banjar, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali. Jaraknya cukup dekat dari Kota Denpasar, hanya sekitar 62 km dengan waktu tempuh 1,5 jam. Atau berjarak 44 km dari Bandara Ngurah Rai, dengan waktu tempuh sekitar 55 menit dengan kendaraan bermotor.

Tukad Unda di Klungkung ini sangat mudah di akses karena dekat dengan jalan raya, bahkan dapat dilihat dari atas jembatan penghubung antar kota Klungkung dengan Kecamatan Dawan.

Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengunjugi Tukad Unda di Klungkung ini. Hanya ingin berfoto-foto pun bisa dengan mudah dan gratis untuk mengambil pemandangan alam yang disuguhkan.

Topik Menarik