6 Oleh-Oleh Khas Bukittinggi, Harus Coba Susu Kerbau Dadih hingga Galamai

6 Oleh-Oleh Khas Bukittinggi, Harus Coba Susu Kerbau Dadih hingga Galamai

Travel | inews | Minggu, 8 September 2024 - 11:48
share

JAKARTA, iNews.id - Oleh-oleh Khas Bukittinggi memang dikenal enak dan lezat. Mulai dari kerupuk sanjai, Karak kaliang, keripik balado, dan lainnya sangat populer di kalangan wisatawan.

Ya, Bukittinggi adalah kota di Sumatera Barat, yang terkenal dengan keindahan alam, sejarah, dan budayanya. Kota ini terletak di dataran tinggi dan dikelilingi oleh perbukitan serta pegunungan seperti Gunung Marapi dan Gunung Singgalang.

Bukittinggi juga memiliki iklim yang sejuk karena berada di ketinggian sekitar 930 meter di atas permukaan laut. Beberapa daya tarik Bukittinggi seperti Jam Gadang, yang menjadi landmark kota yang ikonik, kemudian ada Ngarai Sianok, lembah yang indah dengan pemandangan tebing curam dan sungai yang berkelok-kelok.

Selain pemandangan alam, ada juga destinasi Lobang Jepang, terowongan peninggalan masa penjajahan Jepang yang digunakan sebagai bunker selama Perang Dunia II. Masing-masing destinasi tersebut memiliki daya tarik menakjubkan.

Maka itu, selain menikmati pemandangan alam Bukittinggi, Anda juga harus berkunjung ke pusat perbelanjaan untuk membeli oleh-oleh yang memiliki citarasa lezat. Penasaran, apa saja oleh-oleh khas Bukittinggi yang enak dan lezat yang harus Anda beli? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (7/9/2024).

Oleh-Oleh Khas Bukittinggi

1. Keripik Sanjai

Oleh-oleh khas Bukittinggi pertama yang bisa dibeli ada keripik sanjai. Makanan ringan ini terbuat dari keripik singkong yang digoreng dengan bumbu balado. Ada tiga jenis keripik sanjai, yaitu sanjai tawar (tanpa bumbu), sanjai balado (dengan bumbu pedas manis), dan sanjai asin. Jika ingin membeli keripik sanjai Anda bisa berkunjung ke toko-toko oleh-oleh di sekitar Jam Gadang, Pasar Atas, dan Pasar Bawah Bukittinggi. Adapun kisaran harga Rp20.000 - Rp50.000 per bungkus, tergantung ukuran dan jenisnya.

2. Galamai

Selanjutnya ada galamai, sejenis dodol khas Minangkabau, yang terbuat dari tepung ketan, gula aren, dan santan. Rasanya manis dan kenyal. Galamai bisa dibeli di Pasar Bawah Bukittinggi dan toko oleh-oleh. Adapun kisaran harganya Rp15.000 - Rp30.000 per bungkus.

3. Rendang Daging Kering

Kemudian ada rendang daging kering cocok dijadikan oleh-oleh karena tahan lama tanpa perlu penyimpanan khusus. Rasanya khas Minang dengan rempah-rempah yang kuat. Jika ingin membeli oleh-oleh ini Anda bisa ke kawasan sekitar Jam Gadang. Kisaran harganya Rp100.000 - Rp250.000 per kilogram, tergantung kualitas daging.

4. Karak Kaliang

Karak kaliang adalah makanan ringan berbentuk seperti angka delapan, terbuat dari tepung ubi kayu dan digoreng. Rasanya gurih dan renyah. Anda bisa membeli oleh-oleh ini di Pasar Bawah, Pasar Atas, dan toko oleh-oleh. Kisaran harga Rp15.000 - Rp25.000 per bungkus.

5. Dendeng Batokok

Dendeng batokok merupakan daging sapi yang dipotong tipis dan dipukul-pukul (batokok), lalu dimasak dengan bumbu pedas. Untuk membeli oleh-oleh ini Anda bisa singgah ke toko oleh-oleh di Bukittinggi. Adapun kisaran harga Rp150.000 - Rp300.000 per kilogram, tergantung jenis daging.

6. Susu Kerbau Dadih

Susu kerbau yang difermentasi ini sangat populer sebagai makanan tradisional. Rasanya segar dan khas, biasanya dimakan bersama nasi atau dibumbui sambal. Anda bisa membeli oleh-oleh ini di Pasar Tradisional Bukittinggi. Kisaran harga Rp10.000 - Rp20.000 per mangkuk.

Itulah seputar oleh-oleh khas Bukittinggi yang menggugah selera untuk dibeli. Bukittinggi memiliki banyak toko oleh-oleh di sekitar pusat kota, terutama di Pasar Atas, Pasar Bawah, dan area sekitar Jam Gadang. Anda bisa menemukan berbagai jenis oleh-oleh khas ini. Selamat mencoba!

Topik Menarik