Pohon Besar Tumbang Diterjang Angin Kencang di Bandung Timpa Jaringan Listrik

Pohon Besar Tumbang Diterjang Angin Kencang di Bandung Timpa Jaringan Listrik

Terkini | inews | Sabtu, 7 September 2024 - 19:42
share

BANDUNG, iNews.id - Angin kencang menerjang kawasan Hutan Kamojang di Desa Laksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (7/9/2024). Pohon berukuran besar tumbang dan menimpa jaringan listrik bertegangan 20 kV milik PLN hingga putus. 

Manajer PLN UP3 Majalaya, Hafazah mengatakan, kejadian tersebut menyebabkan aliran listrik di wilayah Kecamatan Ibun padam. 

"Kami bergerak cepat dengan menurunkan 30 personel untuk melakukan recovery ke lokasi kejadian," ujar Hafazah dalam keterangannya.

Dia memastikan, saat ini aliran listrik di wilayah tersebut sudah normal kembali. "Untuk aliran listrik saat ini sudah kembali normal, kami bisa recovery wilayah yang terdampak padam di bawah tiga jam," ucapnya.

Pemeliharaan jaringan listrik, kata dia akan terus dilakukan termasuk pemangkasan terhadap ranting atau pohon-pohon yang menganggu jaringan, terutama memasuki musim pancaroba.

"Ya untuk mengantisipasi kejadian serupa, kami pun akan terus melakukan pemeliharaan jaringan termasuk melakukan pemangkasan ranting-ranting pohon yang mengganggu disekitar jaringan listrik," katanya.

Sementara itu, General Manager PLN UID Jawa Barat, Susiana Mutia menghimbau, masyarakat dan pelanggan agar dapat ikut berpartisipasi dalam menjaga keandalan jaringan listrik.

Langkah yang diambil, lanjut dia antara lain dengan berinisiatif menjaga jarak aman benda, bangunan dan pohon dari jaringan listrik PLN minimal 2,5 meter.

“Bagi masyarakat yang akan menebang pohon dekat jaringan listrik untuk bisa menginfokan ke Kantor Unit Layanan PLN terdekat, agar petugas PLN bisa ikut mendampingi guna menghindari bahaya listrik," katanya.

Topik Menarik