Politisi PDIP Sebut Kotak Kosong Pilkada Lebih Baik Alamiah Bukan by Design

Politisi PDIP Sebut Kotak Kosong Pilkada Lebih Baik Alamiah Bukan by Design

Terkini | inews | Kamis, 22 Agustus 2024 - 21:47
share

JAKARTA, iNews.id - Politisi PDI Perjuangan, Chico Hakim menilai kotak kosong dalam pilkada lebih baik terjadi secara alamiah. Namun saat ini kotak kosong terjadi karena by design.

"Kotak kosong itu memang ada dalam Undang-undang kita, dan memang diperbolehkan. Tetapi yang paling baik, kotak kosong itu terjadi secara alamiah," kata Chico dalam program Interupsi bertema Nasib Pilkada: Putusan MK vs Aturan DPR, Kamis (22/8/2024).

Menurut Chico, PDIP juga melawan kotak kosong dalam pilkada di sejumlah daerah. Contohnya di Jawa Tengah, dan Bangka Belitung.

"Kita jujur saja, tapi apa? Karena calon-calon kita di sana memang surveinya 80. Hampir tidak bisa dikalahkan, tidak ada tokoh yang berani maju, tidak ada parpol yang mau mengusung calon. Malahan, parpol tanpa diminta berbondong-bondong malah mendukung kami," ungkap Chico.

Selain itu, dia mengatakan kotak kosong atau calon boneka saat ini menjadi fenomena di Pilkada 2024 termasuk Pilgub Jakarta. 

"Tetapi kalau bicara di DKI Jakarta, Pak Ridwan Kamil ini kan urutan (elektabilitasnya) ketiga di surveinya. Urutan ketiganya jauh dari urutan kedua karena berada di single digit," katanya.

Topik Menarik