Kwarnas Pramuka Kukuhkan Gugus Depan Jeddah

Kwarnas Pramuka Kukuhkan Gugus Depan Jeddah

Terkini | inews | Kamis, 22 Agustus 2024 - 21:59
share

JEDDAH, iNews.id - Gerakan Pramuka Pangkalan Sekolah Indonesia Jeddah mengadakan Pengukuhan Gugus Depan (Gudep) Pramuka Pangkalan KJRI Jeddah periode 2024-2028. Pengukuhan itu dipimpin oleh Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Kerja Sama Dalam Negeri dan Kerja Sama Luar Negeri, Asrorun Ni'am Sholeh, Rabu (21/8/2024).

Pengukuhan Gudep Jeddah tersebut menjadi gugus depan luar negeri yang kedua dikukuhkan Kwarnas Pramuka. Sebelumnya, Gudep Mesir sudah lebih dulu dikukuhkan, juga oleh Ni'am.

Dalam sambutannya, Ni'am menuturkan, kontribusi Gerakan Pramuka, khususnya di tingkat gudep, sangat diharapkan dalam menyiapkan generasi muda Indonesia yang unggul. "Tahun 2045 adalah momentum Indonesia menyambut Indonesia Emas, dibutuhkan peran semua pihak khususnya gerakan kepanduan dalam mengawal pembentukan karakter dan kecintaan terhadap tanah air Indonesia bagi kalangan para generasi bangasa," ujarnya.

Konsul Jendral (Konjen) RI Jeddah, Yusron B Ambary, menyampaikan komitmen untuk mendorong program-program pembinaan kepramukaan yang berada di Pangkalan KJRI Jeddah, Arab Saudi. Pengukuhan Gudep Jeddah kemarin juga bertujuan untuk memperkuat peran pemuda Indonesia di luar negeri dalam Gerakan Pramuka, dengan fokus pada pembinaan karakter dan kepemimpinan generasi muda.

Sementara Andalan Nasional Pengurus Gerakan Pramuka, Mustadin Taggala, menyampaikan bahwa kegiatan pengukuhan gudep di Luar Negeri yang dilaksanakan di Jeddah pada Rabu kemarin menjadi kegiatan yang kedua setelah Gudep Pangkalan KBRI Republik Arab Mesir. 

"Tradisi mengukuhkan para pengurus Gudep di Luar Negeri ini adalah tradisi baru, hal ini juga sebagai bukti komitmen Kwarnas dalam terus menumbuhkembangkan kecintaan kepada Tanah Air kepada warga masyarakat Indonesia tidak hanya di dalam negeri tapi juga bagi mereka yang sedang berdomisili di luar negeri," ujar Mustadin.

Topik Menarik