Festival Hindu di India Ricuh Tewaskan Nyaris 100 Orang, Korban Terinjak-injak saat Keluar

Festival Hindu di India Ricuh Tewaskan Nyaris 100 Orang, Korban Terinjak-injak saat Keluar

Terkini | inews | Selasa, 2 Juli 2024 - 21:05
share

NEW DELHI, iNews.id - Korban tewas kericuhan di saat festival Hindu di Uttar Pradesh, India, bertambah menjadi 97 orang, Selasa (2/7/2024). Para korban berdesakan dan terinjak-injak.

"Kami mengonfirmasi sejauh ini 97 orang tewas dan memprioritaskan untuk memberi bantuan kepada para korban," kata Chaitra V, pejabat Kota Aligarh.

Peristiwa itu terjadi di Distrik Hathras, sekitar 200 km dari Kota New Delhi. Pihak berwenang setempat mengatakan, sekelompok besar orang berkumpul di area terbuka setelah muncul seruan dari pemimpin agama setempat.

“Insiden itu terjadi karena kepadatan berlebihan pada saat orang-orang berusaha meninggalkan lokasi tersebut,” kata pejabat Pemerintah Distrik Hathras, Ashish Kumar, seperti dikutip dari Reuters.

Sementara itu Juru Bicara Kepolisian Distrik Hathras, Manish Chikara, awalnya menyebut jumlah korban tewas sekitar 60 orang. Namun jumlah itu terus bertambah.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan, jenazah ditumpuk di lantai luar rumah sakit setempat.

Seorang saksi mata yang tak menyebutkan identitasnya menggambarkan kepanikan dan kekacauan saat kejadian. Kericuhan terjadi di pintu keluar yang sempit. Mereka berdesakan kemudian terinjak-injak.

"Saat kami mencoba keluar menuju lapangan, tiba-tiba terjadi keributan, dan kami tidak tahu harus berbuat apa," ujarnya, kepada India Today. 

Menteri kepala Uttar Pradesh Yogi Adityanath memerintahkan penyelidikan kejadian ini dan memberikan bantuan kepada para korban luka.

“Instruksi telah diberikan kepada pejabat terkait untuk melakukan operasi bantuan dan penyelamatan dalam kondisi perang dan memberikan perawatan bagi korban luka,” ujarnya, di media sosial X.

Topik Menarik