Profil dan Biodata Faisal Halim, Winger Timnas Malaysia yang Terlibat Insiden Penyiraman Air Keras  

Profil dan Biodata Faisal Halim, Winger Timnas Malaysia yang Terlibat Insiden Penyiraman Air Keras  

Olahraga | inews | Jum'at, 10 Mei 2024 - 17:50
share

JAKARTA, iNews.id - Profil dan biodata Faisal Halim menjadi topik hangat di dunia si kulit bundar beberapa waktu ini. Usai pemain asal Malaysia itu jadi korban penyiraman air keras oleh orang tak dikenal. 

Diketahui Faisal mengalami insiden tidak mengenakkan itu di kawasan perbelanjaan Damansara, Petaling Jaya, Malaysia, pada Minggu (5/5/2024). Tiba-tiba dua orang tak dikenal mengendarai sepeda motor dan menyiram air keras ke arah sang pemain. 

Meski sempat menghindar, Faisal halim tetap tersiram air keras tersebut. Pemain Selangor FC itu mengalami luka bakar tingkat dua dan luka di beberapa bagian tubuh, seperti lengan dan bahu. 

Tak hanya Faisal, pemain Timnas Malaysia lainnya, Akhyar Rashid juga jadi korban perampokan beberapa hari lalu. Kini pihak berwajib Negeri Jiran pun tengah menyelidiki motif dan dalang di balik insiden tersebut. 

Berita itu membuat publik penasaran dengan profil dan biodata Faisal Halim. Berikut iNews.id akan tampilkan informasinya, Jumat (10/5/2024). 

Profil dan Biodata Faisal Halim

Muhammad Faisal bin Abdul Halim lahir di Seberang Jaya, Pulau Pinang, Malaysia pada 7 Januari 1998. Pemain yang kini genap berusia 26 tahun ini terbiasa main di posisi sayap atau winger kiri. 

Menurut transfermarkt, Faisal sempat menimba ilmu sepak bola di akademi Penang FC. Setelah main di skuad U-23, pemain bertinggi 1,58 m ini masuk ke dalam skuad Penang FC di pertengahan musim 2014/2015. 

Setelah dua musim main di Penang FC, Faisal memutuskan hijrah ke klub Sri Pahang FC. Menurut catatan, pemain Timnas Malaysia itu hanya mampu cetak 5 gol dan 2 assist dari 40 laga di semua kompetisi. 

Pencapaian terbaik Faisal di Sri Pahang FC adalah mengantarkan klubnya finish di peringkat kedua alias runner-up di Liga Super Malaysia. Pencapaian tersebut didapat pada musim 2018/2019. 

Setelah lima musim memperkuat Sri Pahang FC, Faisal memutuskan hijrah ke klub Terengganu FC di musim 2020/2021. Di klub berjuluk Sang Penyu inilah ia mulai mendapatkan menit bermain reguler. 

Di musim perdana bersama Terengganu FC, pemain berkaki kidal satu ini mampu mencatatkan 22 kali penampilan, mencetak 4 gol dan 4 assist. 

Di musim selanjutnya, eks pemain Penang FC itu main sebanyak 31 laga, mencetak 11 gol dan 18 assist di semua kompetisi. Faisal hampir saja mengantarkan timnya menjuarai Piala FA Malaysia musim 2022 andai tidak dikalahkan klubnya Jordi Amat, Johor Darul Ta'zim di laga final dengan skor 1-3. 

Kini Faisal berstatus sebagai pemain Selangor FC. Pemain yang telah mencetak 14 gol dari 29 caps bersama Timnas Malaysia itu dilepas Terengganu FC dengan status bebas transfer usai kontraknya tak diperpanjang oleh pihak klub pada Desember 2022. 

Faisal tercatat melakoni debut perdana bersama Timnas Malaysia pada 2 Juni 2019. Tercatat dirinya bermain di beberapa kompetisi seperti Piala AFF, Kualifikasi Piala Dunia 2026, dan Piala Asia 2023. 

Khusus di Piala Asia 2023, Timnas Malaysia mampu merepotkan tim calon kuat juara, Korea Selatan. Di laga yang berakhir dengan skor 3-3 tersebut Faisal sukses mencetak satu gol pada menit ke-84. 

Sayangnya, Faisal dan Timnas Malaysia harus angkat koper terlebih dahulu dari Piala Asia 2023. Skuad asuhan Kim Pan-gon finish sebagai juru kunci Grup E dengan raihan satu poin. 

Demikian ulasan mengenai profil dan biodata Faisal Halim. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik