5 Fakta Menarik Witan Sulaeman, Pemain Timnas Indonesia yang Malang Melintang di Klub-klub Eropa 

5 Fakta Menarik Witan Sulaeman, Pemain Timnas Indonesia yang Malang Melintang di Klub-klub Eropa 

Olahraga | inews | Jum'at, 10 Mei 2024 - 15:17
share

JAKARTA, iNews.id - Fakta menarik Witan Sulaeman jadi pusat perhatian para pencinta sepak bola Tanah Air. Usai sang pemain mengalami cedera cukup serius di laga playoff Olimpiade Paris 2024, Kamis (9/5/2024), malam WIB. 

Diketahui kepala Witan membentur kepala pemain Guinea U-23 yang membuat pemain Bhayangkara FC itu harus mendapatkan lima jahitan.

Meski begitu, dirinya tetap tampil spartan meski harus diperban. 

Namun sayang, Timnas Indonesia U-23 harus mengakui keunggulan Guinea dengan skor tipis 1-0. Satu-satunya gol pada laga yang dihelat di Stade Pierre Pibarot, Clairefontaine itu dicetak oleh eksekusi penalti Ilaix Moriba. 

Terlepas dari semua itu, publik penasaran dengan fakta menarik Witan Sulaeman. Berikut iNews.id akan berikan informasinya, Jumat (10/5/2024). 

Fakta Menarik Witan Sulaeman

1. Tinggalkan Keluarga di Usia Muda


Witan Sulaeman lahir di Palu, Sulawesi Tenggara pada 8 Oktober 2001. Dirinya sempat menimba ilmu sepak bola di tanah kelahirannya, SSB Galara pada 2013-2015. 

Di tahun 2016, Witan yang kala itu masih berusia 15 tahun memutuskan untuk melancong ke Jakarta guna masuk ke Sekolah Khusus Olahraga, Ragunan, Jakarta. 

Diketahui SKO Ragunan merupakan tempat lahirnya berbagai pesepakbola berbakat Indonesia. Di antaranya Andritany Ardhiyasa, Ruben Sanadi, Kurnia Meiga, Ramadhani Lestaluhu, hingga Ismed Sofyan. 

2. Sempat Main di Liga 2 

Setelah lulus dari SKO Ragunan, Witan memulai karier sepakbola profesionalnya di klub Liga 2, PSIM Yogyakarta. Dia bergabung ke klub berjuluk Laskar Mataram itu pada musim 2019/2020.

3. Tuai Banyak Prestasi di Usia Muda

Witan sudah memperlihatkan bakatnya sejak usia muda. Pemain berkaki kidal ini termasuk dalam skuad Timnas Indonesia U-22 yang memenangkan Piala AFF U-23 2018. 

Tidak hanya itu, Witan juga sempat menjuarai medali perunggu SEA Games 2022 bersama Timnas U-23. Serta, medali emas SEA Games dengan Timnas Indonesia U-22. 

Meski hanya antarkan Indonesia jadi juara tiga SEA Games 2021, Witan mampu menyabet gelar top skor kompetisi tersebut dengan torehan tiga gol. 

4. Malang Melintang di Eropa

Setelah tampil cukup apik di Piala AFF U-23 2018, Witan diminati beberapa klub Eropa. Akhirnya, pemain yang terbiasa main di posisi winger kiri itu memutuskan gabung ke klub Liga Serbia, FK Radnik Surdulica pada Februari 2020. 

Selama main di klub tersebut, Witan hanya mampu tampil di lima laga. Pihak klub pun melepas eks pemain PSIM Yogyakarta itu ke klub Liga Polandia, Lechia Gdansk. 

Di Lechia Gdansk, Witan ternyata sempat satu tim dengan pemain Timnas Indonesia lainnya, Egy Maulana Vikri. 

Setelah itu, Witan berpindah dari klub satu ke klub lainnya di Eropa. Seperti FK Senica dan AS Trencin (Liga Slovakia). Sebelum akhirnya pulang ke Tanah Air memperkuat Persija Jakarta pada pertengahan musim 2022/2023. 

5. Ayah Witan Berprofesi Sebagai Pedagang Sayur

Kesuksesan Witan di dunia sepak bola tidak lepas dari peran keluarganya. Diketahui jika pemain yang telah mengoleksi 41 caps di Timnas Indonesia ini berasal dari keluarga sederhana. 

Bahkan, sang ayah berprofesi sebagai pedangang sayur. Meski begitu, doa dan dukungan dari keluarganya mampu membuat Witan berkarier di Eropa dan jadi andalan di Timnas Indonesia. 

Demikian ulasan mengenai Fakta menarik Witan Sulaeman. Semoga bermanfaat.

Topik Menarik