Cegah Penuaan karena Sinar UV, Kenali Sunscreen dengan SPF yang Tepat untuk Kulit!

Cegah Penuaan karena Sinar UV, Kenali Sunscreen dengan SPF yang Tepat untuk Kulit!

Gaya Hidup | inews | Senin, 6 Mei 2024 - 17:28
share

JAKARTA, iNews.id - Melakukan perawatan kulit wajah dengan skincare menjadi kebutuhan sehari-hari. Apalagi, kini masyarakat lebih kritis dengan informasi kandungan di dalam skincare, termasuk salah satunya penggunaan sunscreen.

Ya, perlu diketahui, sunscreen adalah produk yang dirancang untuk melindungi kulit dari efek berbahaya sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Penggunaan sunscreen penting untuk mencegah kerusakan kulit seperti sunburn, penuaan dini, dan mengurangi risiko kanker kulit. 

Ahli dermatologis Kardiana Dewi mengatakan, sunscreen memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan dan estetika kulit. Sunscreen tidak hanya menjadi tameng dari bahaya radiasi sinar UV B yang menyebabkan kulit terbakar, tapi juga sekaligus melindungi dari UV A yang mempercepat proses penuaan pada kulit, seperti timbulnya kerutan, keriput, kulit kusam dan kasar, hingga flek dan bintik hitam.

"Penggunaannya tidak cukup hanya ketika kita akan beraktivitas di luar ruangan. Ketika kita berada di dalam ruangan juga penting, karena sinar UV matahari dapat menembus melalui jendela dengan intensitas yang tinggi," kata dokter Kardiana melalui keterangannya dikutip Senin (6/5/2024).

Dokter Kardiana menjelaskan, masyarakat harus menciptakan kebiasaan baru untuk menjaga dan melindungi kulit setiap saat hingga malam hari. Efeknya memang tidak langsung terasa atau terlihat, namun jika sudah bermasalah maka akan relatif sulit untuk memperbaikinya dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Dokdew sapaan akrab dr Kardiana Dewi juga menjelaskan mengenai pentingnya memilih sunscreen dengan SPF yang tepat. Menurutnya, angka SPF menunjukkan ketahanan produk dalam melindungi permukaan kulit saat berada di bawah paparan sinar UV. Dia menyarankan penggunaan sunscreen di negara tropis seperti Indonesia sebaiknya memiliki SPF 30 yang mana dapat memblok 97 persen paparan sinar UV B.

Selain memerhatikan kadar SPF, Dokdew  menambahkan, penting juga untuk memerhatikan adanya perlindungan terhadap UV A. Untuk mendapatkan perlindungan yang baik terhadap UV A ini, pilih sunscreen yang memiliki grade PA+++. Formulasi yang digunakan tersebut berpengaruh pada kemampuan produk dalam menjaga kesehatan kulit.

"Dengan maraknya berbagai produk sunscreen yang beredar di pasaran, masyarakat harus lebih bijak, cermat dan teliti dalam memilih sunscreen untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal untuk kulit," kata dr Kardiana.

Topik Menarik