Viral Kopi Pakai Irisan Daun Bawang Jadi Minuman Kekinian di China, Netizen: Kirain Cendol!

Viral Kopi Pakai Irisan Daun Bawang Jadi Minuman Kekinian di China, Netizen: Kirain Cendol!

Travel | inews | Senin, 6 Mei 2024 - 14:10
share

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak kuliner unik dan ekstrem yang bisa ditemui di China. Salah satu yang lagi viral adalah minum kopi dengan topping irisan daun bawang.

Meski tidak terlalu ekstrem seperti kuliner lain di China, kopi dengan daun bawang tersebut membuat netizen penasaran. Sebab, sajian kopi tersebut disajikan bersama irisan daun bawang yang melimpah. 

Minuman kopi dengan daun bawang tersebut cukup viral dan dijadikan minuman kekinian oleh masyarakat di sana. Hal itu turut diungkapkan oleh salah seorang kreator konten asal China bernama Mia, melalui akun TikToknya, @chinesewithmia. 

Melalui salah satu kontennya, Mia menjelaskan mengapa kopi bertabur irisan daun bawang tersebut cukup viral di negaranya. Salah satunya yakni karena cita rasanya yang begitu unik. Dia menyebut, kopi tersebut memiliki cita rasa pahit sekaligus sensasi pedas yang berasal dari potongan daun bawang. 

Menurutnya, kopi itu juga digandrungi karena disebut-sebut kaya akan kandungan energi dan kalsium. “Kopi daun bawang menjadi viral di Tiongkok! Setelah kafe mulai menyajikan secangkir kopi daun bawang, dan mulai banyak diperbincangkan," ujar Mia melalui akun TikTok-nya. 

"Ada yang berpendapat rasa pedas kopi itu unik. Dan itu adalah sumber energi dan kalsium,” katanya. 

Meski begitu, Mia juga menyebut, banyak netizen yang justru ‘jijik’ dan merasa aneh dengan sajian kopi berpadu dengan taburan irisan daun bawang. 

“Sedangkan ada pula yang mengatakan, minuman tersebut membuat mereka ingin muntah. Kopi daun bawang adalah tambahan terbaru dalam tren ‘Masakan Gelap’ Tiongkok,” tuturnya. 

Dalam potongan video yang dia bagikan, terlihat penampakan proses peracikan kopi daun bawang. Kopi susu yang disajikan di dalam cup transparan bersama potongan es batu. Kemudian, diberikan topping taburan irisan daun bawang. 

Warna hijau daun bawang tersebut tampak berpadu kontras dengan kopi susu yang berwarna cokelat muda tersebut. Sekilas, penampakan kopi daun bawang juga mengingatkan warganet terhadap penampakan es cendol, salah satu minuman khas Jawa Barat. 

Tidak sedikit juga dari warganet Tanah Air yang dibuat ‘eneg’ duluan saat melihat dan membayangkan penampakan kopi daun bawang. 

“ini maksudnya cendol?“ kata @un**

“Kirain cendol,” kata @en**

“Belum minum uda huwek duluan guaa,” ujar @lo**

“kemarin kecap.. ini daun bwg,,besook ap lgii,” ujar @ne**

“Gue suka daun bawang sm kopi tp ga gini jg,” ujar @ra***

“Sesukanya w sma perbawangan gk smpe kepikiran njir buat dicampur ke minuman,” kata @ev**

Topik Menarik