Karier Sivakorn Pu-Udom, Wasit Kontroversial Asal Thailand Musuh Bersama Netizen Indonesia

Karier Sivakorn Pu-Udom, Wasit Kontroversial Asal Thailand Musuh Bersama Netizen Indonesia

Olahraga | inews | Selasa, 30 April 2024 - 15:14
share

DOHA, iNews.id- Wasit asal Thailand Sivakorn Pu-Udom mendadak jadi musuh bersama pecinta sepak bola Indonesia. Dia dianggap jadi biang kerok keputusan-keputusan kontroversi di laga Timnas Indonesia selama di Piala Asia U-23 2024.

Terbaru terjadi di laga Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024 pada Senin (29/4/2024), di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar. Indonesia kalah 0-2 di laga itu.

Fans Timnas Indonesia kecewa dengan beberapa keputusan wasit Shen Yinhao asal China. Namun, Shen Yinhao tak sendiri.

Dia dibantu wasit VAR Sivakorn Pu-Udom dari control room. Sivakorn berperan dalam memberi masukan untuk mengecek VAR dan membantu Shen mengambil keputusan.

Kontroversi Sivakorn Pu-Udom

Ada tiga keputusan VAR yang kontroversial dalam pertandingan itu. Pertama saat pada menit ke-27 Witan Sulaeman dijatuhkan di sekitar area kota penalti, awalnya Wasit Shen Yinhao memberikan tendangan bebas untuk Indonesia.

Namun Shen diminta melihat VAR dan berdiskusi Sivakorn Pu-udom. Akhirnya Shen membatalkan pelanggaran tersebut dan memberikan bola ke Uzbekistan.

Lalu VAR menganulir gol Muhammad Ferarri pada menit ke-6. Wasit menilai Ramadhan Sananta dinilai lebih dulu terjebak offside, setelah wasit mengecek VAR.

Terakhir wasit Shen memberikan kartu merah kepada Rizky Ridho karena dinilai melakukan pelanggaran keras ketika membuang bola. Keputusan itu diambil setelah mengecek VAR.

Tentu keputusan Shen Yinhao banyak dipengaruhi ketika mengecek VAR dan berdiskusi dengan Sivakorn Pu-udom.

Sivakorn Pu-udom sebelumnya juga membuat kontroversi saat laga pembuka antara Timnas Indonesia U-23 vs Qatar.

Salah satunya kartu merah kepada gelandang Timnas U-23 Ivan Jenner, karena dinilai menginjak pemain Qatar. Padahal, dalam tayangan ulang, Ivar Jenner tampak minim kontak. Dalam laga melawan Qatar kala itu di mana Sivakorn sebagai wasit VAR, Indonesia diganjar 2 kartu merah dan sekali hukuman penalti.

Lantas seperti apakah karier Sivakorn di dunia wasit?

Karier Sivakord Pu-Udom

Sivakorn Pu-Udom telah berstatus wasit FIFA sejak 2013. Dia debut sebagai wasit di Liga Thailand pada Maret 2013.

Sivakorn merupakan pria kelahiran Samut Sakhon, Thailand, pada 26 November 1987. Saat ini dia telah berusia 37 tahun.

Jam terbang Sivakorn sebagai wasit pun cukup tinggi. Sebelumnya, dia pernah memimpin pertandingan di kejuaraan-kejuaraan besar seperti Liga Champions Asia, Piala AFC, Piala Asia senior sampai kelompok usia, hingga Kualifikasi Piala Dunia.

Bukan hanya itu, Sivakorn juga pernah mendapat kepercayaan memimpin pertandingan di luar Liga Thailand, yakni di Liga China dan Liga Vietnam.

Topik Menarik