10 Contoh Recount Text yang Bisa Jadi Bahan Ajar Bahasa Inggris

Terkini | inews | Selasa, 23 April 2024 - 23:37

JAKARTA, iNews.id - Contoh recount text biasa kita ditemukan di mata pelajaran Bahasa Inggris. Jenis teks ini menceritakan kembali tentang pengalaman atau peristiwa di masa lalu.

Menurut Napitupulu dkk (2014), dalam bukunya yang berjudul Teaching English as A Foreign Language, recount text ditulis untuk menceritakan sebuah peristiwa masa lalu secara berurutan.

Recount text menggunakan grammar past tense, baik simple past tense maupun past perfect tense. Struktur teks tersebut antara lain orientasi, peristiwa, dan penutup (Reorientasi).

Berikut contoh recount text yang telah iNews.id kutip dari berbagai sumber, Selasa (23/4/2024).

Contoh Recount Text

1.  Contoh Recount Text 1

On the last vacation, I went to Yogyakarta with my family. We spent three days in that beautiful city. We arrived in the morning and headed straight to Candi Prambanan.

We admired the beauty of the temple architecture there. After that, we had lunch at one of the restaurants around the temple and tried Jogja's signature dishes, one of them is Gudeg.

After lunch, we went to Keraton Yogyakarta and Taman Sari. We visited museums and enjoyed the scenery. In addition, we also tried culinary tourism by enjoying typical foods from Taman Sari, such as Es Dawet and Nasi Kucing.

On the second day, we went to Malioboro Street for shopping. We bought various Jogja souvenirs, including batik and keychains. At night, we went to Alun-Alun Kidul to try walking on the middle line with our eyes closed.

On the last day, we visited Candi Borobudur and Candi Mendut. We admired the beauty of the temples and learned about their history. I really enjoyed the experience of vacationing in Jogja and hope to return someday to that city.

Artinya:

Pada liburan kemarin, aku pergi ke Jogja bersama keluarga. Kami menghabiskan waktu selama tiga hari di kota indah itu. Kami tiba di pagi hari dan langsung menuju ke Candi Prambanan.

Kami sangat mengagumi keindahan arsitektur candi di sana.  Setelah itu, kami makan siang di salah satu restoran di sekitar candi dan mencoba makanan khas Jogja, salah satunya gudeg.

Setelah makan siang, kami pergi ke Keraton Yogyakarta dan Taman Sari. Kami mengunjungi museum dan menikmati pemandangannya. Selain itu, kami juga mencoba wisata kuliner dengan menikmati makanan khas dari Taman Sari seperti es dawet dan nasi kucing.

Hari kedua, kami pergi ke Jalan Malioboro untuk berbelanja. Kami membeli berbagai souvenir khas Jogja, ada batik dan gantungan kunci. Pada malam harinya, kami pergi ke Alun-Alun Kidul untuk mencoba berjalan di atas garis tengah sambil memejamkan mata.

Hari terakhir, kami pergi ke Candi Borobudur dan Candi Mendut. Kami sangat mengagumi keindahan candi dan mempelajari sejarahnya. Saya sangat menikmati pengalaman bisa liburan di Jogja dan berharap bisa kembali suatu hari nanti ke Jogja.

2. Contoh Recount Text 2

Two weeks ago, I and my family were in my grandpa’s hometown. it is our annual agenda every holiday in the end of Semester. Unfortunately, it was rainy season there. it rained almost every day there.

We had no enough time to visit some tourism places there because of the rain. We had no enough sunlight even to dry up our laundries. As a result, we just stayed at home almost all day long.

Seeing the condition, we decided to make an interesting activity indoor to spend the holiday together. The activity we chose that day was making funny videos directed by me.

Finishing the videos, we edited them and made them uploaded in youtube. By doing this, we could kill our boredom of staying at home because of the rain and made a creative activity instead.

Artinya:

Dua minggu yang lalu, saya dan keluarga saya berada di kampung halaman kakek. ini adalah agenda tahunan kami setiap liburan di akhir Semester. Sayangnya, di sana sedang musim hujan.

Hujan turun hampir setiap hari di sana. Kami tidak punya cukup waktu untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di sana karena hujan. Kami tidak punya cukup sinar matahari bahkan untuk sekedar mengeringkan pakaian kami.

Akibatnya, kami hanya tinggal di rumah hampir sepanjang hari. Melihat kondisi ini, kami memutuskan untuk membuat kegiatan yang menarik dalam ruangan untuk menghabiskan liburan bersama.

Kegiatan yang kami pilih hari itu adalah membuat video lucu yang disutradarai oleh saya. Setelah menyelesaikan videonya, kami mengeditnya dan mengunggahnya ke youtube.

Dengan melakukan hal ini, kami bisa membunuh kebosanan tinggal di rumah seharian karena hujan dan membuat aktivitas kreatif sebagai gantinya.

3. Contoh Recount Text 3

Last weekend, my family and I decided to spend our day off by staying at home. Some people might think that it was not a good idea. However, we thought differently because we had planned to do some fun activities together.

In the morning, we took care of our tiny garden after having delicious fried rice for breakfast. In our little garden, we planted some flowers, weeded the grass, and watered the plants.

In the afternoon, my mother led us to make homemade chocolate brownies which was a big success. My little sister was the first person to try it out. She liked it so much and asked for more and more.

In the evening, we gathered in the living room to watch a family movie. We brought the brownies that we had made before.  I never expected that spending weekends at home with family could be this interesting and fun.

Next time, this will be another option for us to enjoy weekends.

Artinya:

Akhir pekan lalu, saya dan keluarga memutuskan untuk menghabiskan hari libur dengan berdiam diri di rumah. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa itu bukan ide yang baik.

Namun, kami berpikir berbeda karena kami telah merencanakan untuk melakukan beberapa kegiatan yang menyenangkan bersama-sama. Di pagi hari, kami merawat kebun mungil kami setelah sarapan nasi goreng yang lezat.

Di taman kecil ini, kami menanam beberapa bunga, menyiangi rumput, dan menyiram tanaman. Siang harinya, ibu saya mengajak kami membuat brownies coklat buatan sendiri yang sukses besar.

Adik perempuan saya adalah orang pertama yang mencobanya. Dia sangat menyukainya dan meminta lagi dan lagi. Malam harinya, kami berkumpul di ruang tamu untuk menonton film keluarga.

Kami membawa brownies yang telah kami buat sebelumnya. Saya tidak menyangka kalau menghabiskan akhir pekan di rumah bersama keluarga bisa semenarik dan semenyenangkan ini. Lain kali, ini akan menjadi pilihan lain bagi kami untuk menikmati akhir pekan.

4. Contoh Recount Text 4

Two weeks ago, my older sister and I had a chance to visit Solo. As siblings who loved food, we agreed to do a culinary tour and explore traditional dishes in Solo.

First, we went to Veteran street in Serengan to enjoy the legendary food in Solo, selat Solo Mbak Lies. Then, we moved to Banjarsari and had goat satay in Sate Kambing Mbok Galak.

During lunch time, we visited Pasar Klewer to eat delicious tengkleng by Bu Pon. In the dusk, we had some serabi Notosuman which was sweet, soft, and melted in the mouth.

At the end of the day, we ended our culinary tour by trying the tasty and legendary nasi liwet Yu Sani for dinner. After experiencing the taste of local menus, we went back to the hotel with full belly. All the traditional dishes that we tried were never disappointing.

Artinya:

Dua minggu yang lalu, saya dan kakak perempuan saya berkesempatan mengunjungi Solo. Sebagai saudara yang mencintai kuliner, kami sepakat untuk berwisata kuliner dan mengeksplorasi kuliner khas Solo.

Pertama, kami pergi ke Jalan Veteran di Serengan untuk menikmati makanan legendaris di Solo, Selat Solo Mbak Lies. Kemudian, kami pindah ke Banjarsari dan makan sate kambing di Sate Kambing Mbok Galak.

Saat jam makan siang, kami mengunjungi Pasar Klewer untuk menyantap tengkleng lezat buatan Bu Pon. Menjelang senja, kami menyantap serabi Notosuman yang manis, lembut dan lumer di mulut.

Di penghujung hari, kami mengakhiri wisata kuliner dengan mencoba Nasi Liwet Yu Sani yang lezat dan melegenda untuk makan malam. Setelah merasakan kelezatan menu lokal, kami kembali ke hotel dengan perut kenyang.

Semua masakan tradisional yang kami coba tidak pernah mengecewakan.

5. Contoh Recount Text 5

Last week, l went to the lake for fishing. It was the suitable time for fishing because I had nothing to do. I went there with my friends. I woke up earlier in the morning and prepared everything.

Not long after that, my friends came and we went to the lake we have decided before to start fishing. Arriving at the lake, I directly searched the best spot to get a giant fish.

After searching for about ten minutes, finally I found the spot. It was under the big tree at the bank of the lake. I threw my hook as far as I could then I waited for the fish eating my bait.

It had been 15 minutes and i finally saw the sign that there was a fish eating my bait. I tried to pull it up and i succeeded. I got a three kilogram fish. I was so excited. I threw the hook again and again. I got more than ten fish that day.

I enjoyed the moment so much that i didn’t realized that the sun had already set. I called my friends and we went home. I got so many fish that day even though i was so tired. I think i will visit the spot again in the next holiday.

Artinya:

Minggu lalu, saya pergi ke danau untuk memancing. Hari itu adalah waktu yang tepat untuk memancing karena saya sedang tidak memiliki beban pekerjaan. Saya pergi ke sana bersama teman-teman saya.

Saya bangun pagi-pagi dan menyiapkan segalanya. Tidak lama setelah itu, teman-teman saya datang dan kami pergi ke danau yang telah kami putuskan sebelumnya untuk mulai memancing.

Sesampainya di danau, saya langsung mencari tempat terbaik untuk mendapatkan ikan raksasa. Setelah mencari sekitar sepuluh menit, akhirnya saya menemukan tempat itu.

Tempat tersebut di bawah pohon besar di tepi danau. Saya melemparkan hook saya sejauh yang saya bisa lalu menunggu ikan memakan umpan saya. Sudah 15 menit terlewati dan saya akhirnya melihat tanda bahwa ada ikan yang memakan umpan saya.

Saya mencoba untuk menariknya dan saya berhasil. Saya mendapat ikan seberat tiga kilogram. Saya sangat bersemangat. Saya melemparkan hook lagi dan lagi. Saya mendapat lebih dari sepuluh ikan hari itu.

Saya sangat menikmati momen tersebut sehingga saya tidak menyadari bahwa matahari telah terbenam. Saya memanggil teman-teman saya dan kami pulang ke rumah. Saya mendapat begitu banyak ikan hari itu meskipun saya sangat lelah. Saya pikir saya akan mengunjungi tempat itu lagi di liburan berikutnya.

6. Contoh Recount Text 6

Last Saturday, my friends and I went to the beach for camping. We set up a tent on the white sand beach. There were 3 tents with 3 people for each one.  Soon after the three tents were set up, we prepared our meals.

My job was to cook instant noodles and fry some nuggets. In the meantime, one of my friends made some cups of coffee and hot chocolate for all of us. Meanwhile, some other friends were trying to make a camp fire several meters from our tents.

At that time, the wind was so calm and cool. After the camp fire was lit, we sat in a circle around it, sang our favorite songs, and enjoyed our dinner together.  That night, we did not sleep until the morning came. I was so tired, but it was an amazing moment that I would not forget.

Artinya:

Sabtu lalu, saya dan teman-teman pergi ke pantai untuk berkemah. Kami mendirikan tenda di pantai pasir putih. Ada 3 tenda dengan masing-masing untuk 3 orang.

Segera setelah ketiga tenda didirikan, kami menyiapkan makanan. Tugas saya adalah memasak mie instan dan menggoreng beberapa nugget. Sementara itu, salah satu teman saya membuatkan beberapa cangkir kopi dan cokelat panas untuk kami semua.

Sementara itu, beberapa teman lainnya sedang berusaha membuat api unggun beberapa meter dari tenda kami. Saat itu, angin begitu tenang dan sejuk. Setelah api unggun dinyalakan, kami duduk melingkar mengelilinginya, menyanyikan lagu favorit kami, dan menikmati makan malam bersama.

Pada malam itu, kami tidak tidur sampai pagi tiba. Saya sangat lelah, tetapi itu adalah momen luar biasa yang tidak akan pernah saya lupakan.

7. Contoh Recount Text 7

Three years ago, I and my classmates visited Borobudur Temple. We went to Borobudur temple by bus. We left our school at nine o’clock. It took us 24 hours to arrive there.

I arrived there nine o’clock the next day. Along the road, we saw many vehicles, unique houses, prominent buildings, and some other tourists. After we arrived at the Borobudur temple, one of my teachers went to buy tickets.

After we waited him for a moment we entered into Borobudur temple area. Then we went up to the top of the temple. Borobudur temple was built at Budur Village, Magelang, Jawa Tengah by Syailendra Dynasty.

Borobudur Temple is the biggest temple in the world. It has 504 statues and 1.400 reliefs. From the top of the temple we can see such beautiful scenery. I and my friends went around the temple together.

Finally, after having some visits, we should go to the hotel to stay and continue our study tour the next day. We felt tired that day but we felt so happy to visit Borobudur temple which is well-known as one of the greatest legacies Indonesia has ever had.

I hope the temple can be loved by all of the visitors and the government.

Artinya:

Tiga tahun yang lalu, saya dan teman-teman sekelas saya mengunjungi Candi Borobudur. Kami pergi ke Candi Borobudur naik bus. Kami meninggalkan sekolah kami pada pukul sembilan.

Kami butuh 24 jam untuk tiba di sana. Saya tiba di sana pukul Sembilan pada hari berikutnya. Sepanjang jalan, kami melihat banyak kendaraan, rumah unik, bangunan-bangunan penting, dan beberapa wisatawan lain.

Setelah kami tiba di Candi Borobudur, salah satu guru saya pergi untuk membeli tiket. Setelah kami menunggu dia sejenak kami masuk ke kawasan candi Borobudur.

Kemudian kami naik ke puncak candi. Candi Borobudur dibangun di desa Budur, Magelang, Jawa Tengah oleh Dinasti Syailendra. Candi Borobudur adalah candi terbesar di dunia. Candi ini memiliki 504 patung dan 1.400 relief.

Dari puncak candi kita bisa melihat pemandangan yang indah. Saya dan teman-teman berkeliling candi bersama. Akhirnya, setelah mengunjungi beberapa tempat, kita harus pergi ke hotel untuk menginap dan melanjutkan study tour kami hari berikutnya.

Kami merasa lelah hari itu tapi kami merasa sangat senang untuk mengunjungi Candi Borobudur yang terkenal sebagai salah satu warisan terbesar yang pernah dimiliki Indonesia. Saya berharap candi dapat dicintai oleh semua pengunjung dan juga pemerintah.

8. Contoh Recount Text 8

2 days after new year, I sat on my desk chair and thought about everything. I grabbed my last year's journal and gave some checked lists of bunches “wish come true” that year.

There were bad and good memories that came to my head. I remembered the time I rushed into hospital because my arm was broken after tennis day. So I couldn’t do tennis for 6 months. One of my “wishes that came true” is when I traveled around Europe! That was a good memory.

After completing my last year’s journal, I was ready to write my next journal. I had a plan to visit a new place this year. I enjoyed journaling and planning what I want to do this year. The day ran so fast. It was midnight when I finished writing my whole journal.

Artinya:

2 hari setelah tahun baru, aku duduk di kursi mejaku dan memikirkan segalanya. Aku mengambil jurnal tahun laluku dan memberikan beberapa daftar tandan “keinginan yang menjadi kenyataan” tahun itu.

Ada kenangan buruk dan indah yang terlintas di kepalaku. Aku teringat saat aku dilarikan ke rumah sakit karena lenganku patah setelah bermain tenis. Jadi aku tidak bisa bermain tenis selama 6 bulan. Salah satu “keinginanku yang menjadi kenyataan” adalah ketika aku berkeliling Eropa! Itu adalah kenangan yang bagus.

Setelah menyelesaikan jurnal tahun lalu, aku siap untuk menulis jurnal berikutnya. Aku punya rencana untuk mengunjungi tempat baru tahun ini. Aku menikmati membuat jurnal dan merencanakan apa yang ingin aku lakukan tahun ini. Hari berjalan begitu cepat. Saat itu tengah malam ketika aku selesai menulis seluruh jurnalku.

9. Contoh Recount Text 9

Since in the morning my house was so busy. My dad and my younger brother lifted sofas and placed them on the front terrace while my mom and I were busy in the kitchen. It was the 2nd day of Lebaran day.

At 9 am, some family members, such as my aunties and uncles, came from the other city. It was our big family tradition to visit relatives on the 2nd of Lebaran day. They came with souvenirs they brought from their house. There were snacks, cookies, any kind of fruit and ketupat.

My family’s house was chosen to be the place of a small house party because my mom is the 1st child in her family. It was a Javanese tradition, coming to the oldest child house when Lebaran came.

At the end of the day, our families together cleaned up my house before they went home. It helped us so much after the house party. I loved being at my big family’s house party.

Artinya:

Sejak pagi hari rumahku sibuk sekali. Ayahku dan adik laki-lakiku mengangkat sofa dan meletakkannya di teras depan sementara aku dan ibuku sibuk di dapur. Saat itu hari ke-2 Lebaran.

Pada jam 9 pagi, beberapa anggota keluarga, seperti bibi dan pamanku, datang dari kota lain. Sudah menjadi tradisi keluarga besar kami untuk mengunjungi kerabat di hari kedua Lebaran. Mereka datang dengan membawa oleh-oleh yang mereka bawa dari rumah. Ada jajanan, kue kering, macam-macam buah, dan ketupat.

Rumah keluargaku dipilih menjadi tempat pesta rumah kecil-kecilan karena ibuku adalah anak pertama di keluarganya. Sudah menjadi tradisi masyarakat Jawa, datang ke rumah anak sulung saat Lebaran tiba.

Di penghujung hari, keluarga kami bersama-sama membersihkan rumahku sebelum mereka pulang. Itu sangat membantu kami setelah pesta rumah. Aku senang berada di pesta rumah keluarga besarku.

10. Contoh Recount Text 10

That was December 26 last year. That day I had no plans. My body just reached a pile of books and photo albums at the corner of my house. My head just threw back to the time that the photo was captured.

There was a photo when I was a little girl. Our dad and mom hug me tight. There was also a photo of my grandparents when we went on holiday to Bali together. That was a good time to remember.

I ended up cleaning that corner of my house. Decluttered things like books, bunches of random papers and organized photo albums. It was such a memorable time I had during last year's holiday. I remembered the last time I met my grandparents, I missed them. I hope I can meet them this year.

Artinya:

Itu tanggal 26 Desember tahun lalu. Hari itu aku tidak punya rencana. Tubuhku baru saja mencapai tumpukan buku dan album foto di sudut rumahku. Kepalaku teringat kembali pada saat foto itu diambil.

Ada foto saat aku masih kecil. Ayah dan ibu kami memelukku erat. Ada juga foto kakek dan nenek aku saat kami berlibur bersama ke Bali. Itu saat yang tepat untuk diingat.

Aku akhirnya membersihkan sudut rumah aku itu. Barang-barang yang berantakan seperti buku, kumpulan kertas acak, dan album foto yang terorganisir. Itu adalah saat-saat yang tak terlupakan yang aku alami selama liburan tahun lalu. aku ingat terakhir kali aku bertemu kakek dan nenek aku, aku merindukan mereka. aku harap aku bisa bertemu mereka tahun ini.

Demikian ulasan mengenai contoh recount text. Semoga bermanfaat!