Doa Gempa Bumi: Bacaan dan Keutamaannya

Doa Gempa Bumi: Bacaan dan Keutamaannya

Gaya Hidup | inews | Jum'at, 15 Desember 2023 - 15:40
share

JAKARTA, iNews.id - Doa gempa bumi patut diketahui umat Islam yang tinggal di Indonesia. Karena Tanah Air tercinta kita ini dikelilingi oleh lempeng - lempeng bumi yang terus bergerak menyebabkan gempa.

Gempa bumi adalah salah satu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Gempa bumi dapat menyebabkan kerusakan, kesusahan, dan penderitaan bagi manusia.

Islam mengajarkan umatnya untuk memperbanyak zikir dan doa memohon perlindungan kepada Allah SWT saat gempa bumi tengah menimpa kita.

Dalam Al-Quran dan hadits, terdapat beberapa doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk dibaca ketika terjadi gempa bumi. Dilansir dari laman resmi Muhammadiyah, berikut ini adalah beberapa doa gempa bumi beserta keutamaannya.

Doa Gempa Bumi

Doa ketika terjadi gempa bumi ini bersumber dari riwayat Imam Muslim dari Abu Al-Yasar. Sebenarnya doa ini tidak khusus dibaca saat gempa bumi, tetapi juga dibaca ketika ada musibah atau bencana lain seperti angin topan.

Doa ini berbunyi:



Allahumma inni as-aluka khoiroha wa khoiro ma fiha wa khoiro ma ursilat bihi wa audzu bika min syarriha wa syarri ma fiha wa syarri ma ursilat bihi.


Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, kebaikan yang ada di dalamnya dan kebaikan yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya, keburukan yang ada di dalamnya dan keburukan yang Engkau kirimkan dengannya.

Keutamaan doa ini adalah bahwa Allah SWT akan memberikan kebaikan dan keselamatan kepada orang yang membacanya dari segala musibah yang menimpa. Doa ini juga merupakan bentuk pengakuan bahwa segala sesuatu yang terjadi adalah atas izin dan kehendak Allah SWT, dan bahwa hanya kepada-Nya kita meminta pertolongan.

Doa Ketika Mengetahui orang lain terkena gempa bumi

Doa ketika mengetahui orang lain terkena gempa bumi ini bersumber dari riwayat Imam Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Anas bin Malik. Doa ini dianjurkan untuk dibaca tetapi tidak didengar oleh orang yang tertimpa musibah tersebut. Doa ini berbunyi:


Alhamdulillahil ladzi afaani mimma batalaka bihi wa faddalani ala katsirin mimman kholaqa tafdilan.


Artinya:

Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari musibah yang menimpamu dan benar-benar memuliakanku dari makhluk lainnya.

Keutamaan doa ini adalah bahwa orang yang membacanya insya Allah akan diselamatkan dari musibah yang sama seperti yang menimpa orang lain. Doa ini juga merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang diberikan-Nya dan rasa empati kepada orang yang tertimpa musibah.

Doa gempa bumi adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk dibaca ketika terjadi gempa bumi atau ada bencana alam lainnya.

Doa ini memiliki keutamaan dan hikmah yang besar bagi orang yang membacanya. Doa ini juga menunjukkan sikap seorang muslim yang selalu berserah diri kepada Allah SWT dan berharap rahmat-Nya di tengah-tengah musibah.

Doa gempa bumi bisa Anda amalkan ketika ada bencana alam. Semoga Allah SWT melindungi kita semua dari segala bencana dan musibah.

Topik Menarik