Israel Klaim Bunuh Pejabat Tinggi Hizbullah Nabil Qaouk

Israel Klaim Bunuh Pejabat Tinggi Hizbullah Nabil Qaouk

Global | sindonews | Minggu, 29 September 2024 - 21:26
share

Militer Israel mengklaim telah melenyapkan pejabat senior Hizbullah lainnya, Nabil Qaouk, yang duduk di Dewan Pusat kelompok tersebut. Ini terjadi setelah Israel baru-baru ini membunuh kepala Hizbullah Hassan Nasrallah dan melaporkan telah membunuh sebagian besar pimpinan militer organisasi tersebut.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan bahwa serangan udara pada hari sebelumnya "menyerang dan membunuh teroris" Qaouk, yang juga memimpin Unit Keamanan Preventif Hizbullah.

Qaouk, kata IDF, “dianggap dekat dengan petinggi” Hizbullah, dan “terlibat langsung dalam mempromosikan aksi teroris terhadap Negara Israel dan warganya, bahkan dalam beberapa hari terakhir.” Ditambahkannya bahwa pejabat Hizbullah tersebut bergabung dengan kelompok tersebut pada tahun 1980-an dan memegang beberapa jabatan eksekutif di Lebanon selatan.

“IDF terus menyerang dan melenyapkan para komandan organisasi teroris Hizbullah, dan bertindak terhadap siapa pun yang mengancam warga Negara Israel,” tambah pernyataan tersebut.

Hizbullah belum mengomentari klaim Israel tersebut.

Baca Juga: Lebanon Memanas, AS Akan Tambah Pasukan di Timur Tengah

Sementara itu, Iran telah mengonfirmasi laporan bahwa serangan Israel tersebut juga menewaskan Abbas Nilforoushan, wakil komandan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC). “Tindakan kejam dan pengecut ini merupakan tanda jelas lainnya dari sifat teroris dan kriminal rezim Zionis… dan tanpa diragukan lagi, kejahatan mengerikan dari rezim Zionis agresor ini tidak akan pernah luput dari perhatian,” kata Kementerian Luar Negeri.

Pada hari Sabtu, Israel melakukan serangan bom di kompleks Hizbullah di Beirut, menewaskan Nasrallah, yang telah menjadi musuh bebuyutan Negara Yahudi tersebut selama beberapa dekade. Para pejabat di Yerusalem Barat juga mengatakan bahwa lebih dari selusin tokoh militer senior Hizbullah telah diringkus dalam beberapa minggu terakhir.

Sementara itu, ABC News melaporkan pada akhir pekan, mengutip para pejabat AS, bahwa Israel mungkin akan segera melancarkan serangan "sangat terbatas" ke Lebanon selatan. Meskipun media tersebut tidak memberikan rincian tentang kerangka waktu atau tujuan operasi yang tepat, daerah tersebut sering digunakan oleh Hizbullah untuk menembakkan roket melintasi perbatasan dan dianggap sebagai pusat kegiatan militer kelompok tersebut lainnya.

Topik Menarik