Ini Arti Pelat SCV 1 di Mobil yang Dinaiki Paus Fransiskus di Indonesia

Ini Arti Pelat SCV 1 di Mobil yang Dinaiki Paus Fransiskus di Indonesia

Global | okezone | Kamis, 5 September 2024 - 17:00
share

VATIKAN - Paus Fransiskus tiba di Indonesia pada Selasa, (3/9/2024). Paus Fransiskus dijadwalkan melakukan kunjungannya di Indonesia selama 3 hari hingga 6 september 2024.

Selama kunjungannya di tanah air, pemimpin tertinggi gereja katolik itu melakukan berbagai kegiatan menggunakan mobil Toyota Kijang Zenix dan Pindad Maung. Kedua kendaraan tersebut menggunakan Pelat Nomor Kendaraan khusus bertuliskan SCV 1. 

Mengutip dari catholic company, Pelat Nomor SCV merupakan singkatan dari bahasa latin, Status Civitatis Vaticanae. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, maka berarti Negara Kota Vatikan.

Di kota Vatikan, seluruh kendaraan pribadi milik warga sipil menggunakan pelat berinisial CV. Sedangkan untuk anggota pemerintahan atau pejabat Vatikan, maka menggunakan pelat berinisial SCV. 

Pada kunjungannya di Indonesia Paus Fransiskus menggunakan pelat SCV 1, pelat yang sama saat kunjungannya ke negara lain.

Melansir dari Bustle, terdapat setidaknya lima kendaraan yang juga menggunakan pelat nomor jenis ini. Misalnya saja pada mobil Ford Focus yang sering Paus kendarai berpelat nomor SCV 00919.

 

Ada juga mobil dengan pelat nomer lainnya seperti SCV 2 yang terpasang pada mobil Fiat, SCV 3 pada mobil Isotta Fraschini, SCV 4 pada mobil antik amerika Graham-Paige, dan SCV 5 pada mobil Citroen milik Paus Pius XI

Ketika Paus melakukan berbagai tur dan kunjungan publik di Kota Vatikan dan seluruh dunia, ia sering mengendarai popemobile, kendaraan yang dirancang secara khusus dengan tempat duduk tinggi agar dapat menyapa seluruh orang. Tak jarang juga, kendaraan yang digunakan oleh paus memiliki pelindung berupa kaca anti peluru.

Namun, spesifikasi kendaraan Paus selama di Indonesia cukup dirahasiakan. Sehingga tidak diketahui apakah mobil Toyota Kijang Zenix dan Pindad Maung yang digunakan Paus selama di Indonesia terpasang kaca anti peluru atau tidak.

Topik Menarik