Topan Shanshan Terjang Daratan Jepang Tewaskan 3 Orang, Peringatan Khusus Dikeluarkan

Topan Shanshan Terjang Daratan Jepang Tewaskan 3 Orang, Peringatan Khusus Dikeluarkan

Global | okezone | Kamis, 29 Agustus 2024 - 15:15
share

TOKYO - Topan dahsyat menerjang daratan Jepang yang menewaskan tiga orang. Badan Meteorologi Jepang (JMA) mengatakan topan Shanshan menerjang prefektur Kagoshima, di pulau selatan Kyushu, sekitar pukul 08:00 waktu setempat (23:00 GMT).

JMA telah mengeluarkan peringatan khusus yang langka untuk badai paling dahsyat tersebut. Yakni peringatan akan terjadinya tanah longsor, banjir, dan kerusakan berskala besar. Angin kencang hingga 252 km/jam (157mph) telah dilaporkan terjadi di pulau tersebut.

Sepasang suami istri berusia 70-an dan seorang pria berusia 30-an dilaporkan meninggal akibat topan itu. Keduanya merupakan bagian dari keluarga beranggotakan lima orang yang rumahnya di Gamagori di Jepang tengah tersapu pada Selasa (27/8/2024) malam, sebelum topan tersebut menerjang daratan.

NHK melaporkan dua anggota keluarga lainnya yakni dua wanita berusia 40-an berhasil diselamatkan setelah upaya pemulihan sepanjang malam. Hujan dengan curah 600 mm selama 24 jam diperkirakan akan turun di beberapa wilayah Kyushu, yang dihuni oleh 12,5 juta orang.

Sekitar 255.000 rumah kini tidak bisa mengakses listrik. Video daring memperlihatkan pohon-pohon besar bergoyang, genteng-genteng beterbangan dari rumah-rumah, dan puing-puing beterbangan ke udara saat hujan deras mengguyur pulau itu. NHK melaporkan setidaknya 39 orang terluka di prefektur Kagoshima dan Miyazaki.

Sementara itu, produsen mobil besar seperti Toyota dan Nissan menutup pabrik mereka dengan alasan keselamatan karyawannya serta potensi kekurangan suku cadang yang disebabkan oleh badai.

Ratusan penerbangan ke dan dari Jepang selatan telah dibatalkan. Beberapa layanan kereta api berkecepatan tinggi juga telah ditangguhkan. Awal minggu ini, pemerintah daerah mengeluarkan imbauan evakuasi kepada 810.000 orang di prefektur Shizuoka bagian tengah di pulau utama Jepang, Honshu.

Badan penanggulangan bencana dan kebakaran mengatakan sebanyak 56.000 orang lainnya diminta untuk meninggalkan rumah mereka di Kagoshima di Kyushu.

JMA memperkirakan badai tersebut akan mendekati wilayah tengah dan timur Jepang, termasuk ibu kota Tokyo, sekitar akhir pekan. Peringatan topan khusus, seperti yang dikeluarkan untuk Shanshan, diumumkan di Jepang jika terjadi badai yang luar biasa kuat. Peringatan yang sama dikeluarkan pada September 2022 saat Topan Nanmadol mendekati Kyushu, peringatan pertama yang diumumkan untuk wilayah selain Okinawa.

Topik Menarik