8 Negara yang Banyak Orang Keturunan Jawa, Selain Indonesia

8 Negara yang Banyak Orang Keturunan Jawa, Selain Indonesia

Global | okezone | Jum'at, 7 Juni 2024 - 15:21
share

JAKARTA - Merantau merupakan hal yang wajar dilakukan banyak orang dengan tujuan yang beragam. Ada yang merantau untuk menempuh pendidikan dengan kualitas lebih bagus, ada yang bertujuan untuk bekerja, dan ada yang bertujuan untuk menetap secara permanen di negara lain karena pernikahan.

Orang Indonesia pun banyak yang melakukan hal serupa. Dengan mayoritas penduduk Indonesia yang merupakan suku Jawa, tidak bisa dipungkiri bahwa banyak juga orang keturunan Jawa yang tersebar di negara lain.

Kira-kira apa saja negara-negaranya? Berikut delapan negara yang banyak dari penduduknya keturunan Jawa dilansir berbagai sumber:

1. Belanda

Di urutan pertama ada Belanda yang merupakan salah satu negara Eropa dengan penduduk Indonesia paling banyak. Hal ini dikarenakan banyak dari orang Indonesia yang pergi belajar di Belanda atau untuk mencari pekerjaan. Orang Jawa yang menetap di Belanda pun juga banyak. Faktanya bahwa bahasa Jawa merupakan bahasa yang paling diminati di Belanda hingga ada universitas unggul di sana yang membuka jurusan Bahasa Jawa. Melansir Wikipedia, di Belanda terdapat Jawa Suriname yang jumlah penduduknya sebanyak 21.700 jiwa.

2. Afrika Selatan

Keturunan Jawa di Afrika Selatan berawal dari budak-budak Jawa yang dibawa Perusahaan Hindia Timur Belanda (VOC) ke Afrika Selatan. Seiringnya waktu, orang-orang Jawa yang masih berada di Afrika Selatan kemudian membentuk komunitas yang bernama Cape Melayu.

3. Kaledonia Baru

Masuknya orang Jawa ke Kaledonia Baru yang merupakan wilayah bagian Prancis adalah ketika Indonesia masih dijajah Belanda. Saat itu, pemerintah kolonial Belanda mengirim pekerja asal Jawa untuk mengelola perkebunan Belanda yang berada di Kaledonia Baru. Hingga sekarang, masih terdapat beberapa penduduknya yang merupakan keturunan Jawa. Sebanyak 1,4 dari total populasi penduduk Kaledonia Baru merupakan penduduk keturunan Jawa. Melansir sumber terpercaya, hingga saat ini penduduk Kaledonia Baru yang keturunan Jawa masih sering menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari.

4. Arab Saudi

Banyak orang Indonesia yang pergi mencari pekerjaan sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi. Mayoritas penduduk Indonesia yang menjadi TKI merupakan orang Jawa dan kebanyakan dari TKI ini menetap di Arab Saudi. Terdapat beberapa yang memilih untuk berkeluarga di Arab Saudi.

Topik Menarik