Yakinkan Donatur Yahudi, Trump Berjanji Akan Hancurkan Demonstrasi Pro-Palestina di Kampus jika Menang Pemilu

Yakinkan Donatur Yahudi, Trump Berjanji Akan Hancurkan Demonstrasi Pro-Palestina di Kampus jika Menang Pemilu

Global | sindonews | Selasa, 28 Mei 2024 - 22:22
share

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan kepada sekelompok donor kaya Yahudi bahwa dia akan menghancurkan protes pro-Palestina di kampus-kampus jika dia kembali berkuasa di Gedung Putih.

Mantan presiden yang juga calon dari Partai Republik itu menyebut demonstrasi menentang perang Israel di Gaza sebagai bagian dari “revolusi radikal” dan berjanji kepada para donor yang mayoritas beragama Yahudi bahwa ia akan memundurkan gerakan tersebut 25 atau 30 tahun mendatang jika mereka membantunya mengalahkan Joe Biden dalam pemilihan presiden bulan November.

“Jika Anda membuat saya terpilih kembali, kami akan mengembalikan gerakan itu ke 25 atau 30 tahun yang lalu,” jawab Trump, menurut Washington Post, yang pertama kali melaporkan peristiwa tersebut.

Trump juga mengatakan pemerintahannya akan mengeluarkan mahasiswa asing mana pun yang diketahui ikut serta dalam protes, yang baru-baru ini terjadi dalam bentuk tenda-tenda di perguruan tinggi di seluruh AS.

Dalam pertemuan di New York pada tanggal 14 Mei, Trump mendengar salah satu donor mengeluh bahwa banyak mahasiswa dan akademisi fakultas yang ikut serta dalam protes, di masa depan, dapat memegang posisi berkuasa di AS.

Dia memuji polisi New York karena membersihkan perkemahan di Universitas Columbia dan mengatakan pendekatan tersebut harus ditiru oleh kota-kota lain, dan menambahkan: “Hal ini harus dihentikan sekarang.”

Partai Republik semakin berupaya menjadikan protes di kampus sebagai isu pemilu, dan menggambarkannya sebagai manifestasi dari “kekacauan” yang mengamuk tanpa terkendali di bawah pengawasan Biden.

Anggota Kongres dari Partai Republik telah mengadakan serangkaian dengar pendapat di Capitol Hill untuk menyoroti tren tersebut, dengan fokus pada laporan antisemitisme di kalangan pengunjuk rasa dan menuduh banyak kegagalan rektor universitas dalam memeranginya.

Baca Juga: 3 Batalion Hamas Masih Bertahan di Kamp Pengungsi Jabalia

Dalam sidang terakhir minggu lalu, anggota komite pendidikan dan tenaga kerja dari Partai Republik menyerang rektor universitas Northwestern dan Rutgers karena merundingkan pembongkaran perkemahan secara sukarela, daripada memanggil polisi, seperti yang dianjurkan oleh Trump.

Dalam pernyataan lebih lanjut kepada para donor, Trump jelas-jelas membalikkan serangan Israel di Gaza setelah berbulan-bulan mengelak dengan mengatakan bahwa ia mendukung hak negara tersebut untuk melanjutkan “perang melawan teror”.

Dia sebelumnya mengatakan Israel “kalah dalam perang PR” dengan tindakannya di Gaza. Lebih dari 36.000 warga Palestina sejauh ini telah terbunuh dalam operasi yang awalnya diluncurkan sebagai pembalasan atas serangan mematikan yang dilakukan Hamas pada Oktober lalu, yang mengakibatkan sekitar 1.200 warga Israel dibunuh dan 253 lainnya disandera.

Berbicara kepada surat kabar Israel Hayom yang memiliki sirkulasi massal pada bulan Maret, Trump berkata: “Anda harus menyelesaikan perang Anda… Anda harus menyelesaikannya.” Dia juga mengatakan Israel harus “kembali ke perdamaian dan berhenti membunuh orang”.

Dalam pertemuan donornya – yang menurutnya dihadiri oleh “98 teman Yahudi saya” – Trump dilaporkan tidak menyebutkan nama Benjamin Netanyahu, perdana menteri Israel, yang dia benci karena mengakui kemenangan Biden dalam pemilu 2020 dan belum berbicara. sejak itu.

Namun dia membanggakan kebijakannya terhadap Israel, yaitu keputusan untuk memindahkan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem dan pengakuan atas aneksasi Israel atas Dataran Tinggi Golan, yang diambil Israel dari Suriah dalam perang enam hari tahun 1967.

Topik Menarik