Spanyol, Norwegia dan Irlandia Resmi Mengakui Negara Palestina

Spanyol, Norwegia dan Irlandia Resmi Mengakui Negara Palestina

Global | sindonews | Selasa, 28 Mei 2024 - 21:14
share

Spanyol, Norwegia dan Irlandia secara resmi mengakui negara Palestina pada Selasa (28/5/2024). Itu menjadi upaya terkoordinasi oleh tiga negara Eropa Barat yang dirancang untuk menambah tekanan internasional terhadap Israel agar melunakkan respons buruknya terhadap serangan yang dipimpin Hamas tahun lalu.

Israel mengecam langkah diplomatik yang tidak akan berdampak langsung pada perang sengit di Gaza.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Snchez mengatakan kepada bangsanya dalam pidato yang disiarkan televisi dari Madrid bahwa ini adalah keputusan bersejarah yang memiliki satu tujuan, yaitu membantu Israel dan Palestina mencapai perdamaian.

Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz dengan cepat mengecam Spanyol terhadap X, dengan mengatakan bahwa pemerintah Snchez terlibat dalam menghasut genosida terhadap orang Yahudi dan kejahatan perang.

Irlandia dan Norwegia segera bergabung dengan Spanyol dalam meresmikan keputusan yang telah mereka umumkan bersama pada minggu sebelumnya. Bendera Palestina dikibarkan di Dublin di luar Leinster House, tempat kedudukan parlemen Irlandia.

Ini adalah momen penting dan saya pikir ini mengirimkan sinyal kepada dunia bahwa ada tindakan praktis yang dapat diambil sebagai sebuah negara untuk membantu menjaga harapan dan tujuan solusi dua negara tetap hidup pada saat negara lain sedang mencoba untuk mencapai tujuan tersebut. membomnya hingga terlupakan, kata Perdana Menteri Irlandia Simon Harris sebelum pertemuan kabinetnya untuk secara resmi menandatangani keputusan tersebut.

Menteri Luar Negeri Norwegia Espen Barth Eide mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa selama lebih dari 30 tahun, Norwegia telah menjadi salah satu pendukung terkuat negara Palestina. Hari ini, ketika Norwegia secara resmi mengakui Palestina sebagai sebuah negara, merupakan sebuah tonggak sejarah dalam hubungan antara Norwegia dan Palestina.

Meskipun banyak negara telah mengakui negara Palestina, namun belum ada satu pun negara besar di Barat yang mengakuinya. Meski begitu, kepatuhan tiga negara Eropa pada kelompok tersebut merupakan kemenangan bagi upaya Palestina dalam dunia opini publik.

Hubungan antara UE dan Israel telah merosot seiring dengan pengakuan diplomatik dari dua anggota UE, dan Madrid pada hari Senin bersikeras bahwa UE harus mengambil tindakan terhadap Israel atas serangan mematikan yang terus berlanjut di kota Rafah di Gaza selatan.

Setelah pertemuan para menteri luar negeri UE pada hari Senin, Menteri Luar Negeri Irlandia Michel Martin mengatakan untuk pertama kalinya pada pertemuan UE, secara nyata, saya telah melihat diskusi signifikan mengenai sanksi terhadap Israel.

Harris, pemimpin Irlandia, pada hari Selasa bersikeras bahwa UE harus mempertimbangkan sanksi ekonomi terhadap Israel, dengan mengatakan Eropa bisa melakukan lebih banyak lagi.

Norwegia, yang bukan anggota UE namun sering menyelaraskan kebijakan luar negerinya dengan blok tersebut, menyerahkan dokumen diplomatik kepada pemerintah Palestina pada akhir pekan sebelum pengakuan resminya.

Pada saat yang sama, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mendukung Pengadilan Kriminal Internasional, yang jaksa penuntutnya sedang meminta surat perintah penangkapan terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan lainnya, termasuk para pemimpin kelompok militan Hamas.

Deklarasi resmi dan perselisihan diplomatik yang diakibatkannya terjadi setelah tujuh bulan perang sengit yang dilancarkan Israel melawan Hamas di Gaza menyusul serangan yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober di mana militan menyerbu perbatasan Gaza menuju Israel, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang. . Serangan udara dan darat Israel telah menewaskan 36.000 warga Palestina, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Pengumuman bersama oleh Spanyol, Irlandia dan Norwegia minggu lalu memicu kemarahan dari pihak berwenang Israel, yang memanggil duta besar negara-negara tersebut di Tel Aviv ke Kementerian Luar Negeri, di mana mereka difilmkan saat diperlihatkan video serangan dan penculikan Hamas pada 7 Oktober.

Sekitar 140 negara lebih dari dua pertiga anggota PBB mengakui negara Palestina. Masuknya tiga negara Eropa Barat ke dalam kelompok tersebut kemungkinan akan memberikan tekanan pada negara-negara besar Uni Eropa, Prancis dan Jerman, untuk memikirkan kembali posisi mereka.

Perdana Menteri Slovenia Robert Golob mengatakan pada hari Senin bahwa pemerintahannya akan memutuskan pengakuan negara Palestina pada hari Kamis dan meneruskan keputusannya ke parlemen untuk persetujuan akhir.

Amerika Serikat dan Inggris, antara lain, mendukung gagasan negara Palestina merdeka bersama Israel, namun mengatakan hal itu harus dilakukan sebagai bagian dari penyelesaian yang dinegosiasikan. Pemerintahan Netanyahu mengatakan konflik tersebut hanya dapat diselesaikan melalui negosiasi langsung.

Dalam pidatonya pada hari Selasa, Snchez mengatakan bahwa pengakuan negara Palestina adalah keputusan yang tidak kami ambil terhadap siapa pun, apalagi terhadap Israel, orang-orang ramah yang kami hormati, yang kami hargai, dan yang ingin kami miliki bersama. hubungan terbaik.

Pemimpin Sosialis, yang mengumumkan keputusan negaranya di hadapan parlemen pekan lalu, telah menghabiskan waktu berbulan-bulan berkeliling negara-negara Eropa dan Timur Tengah, termasuk singgah di Oslo dan Dublin, untuk menggalang dukungan bagi pengakuan negara Palestina dan gencatan senjata di Gaza.

Dia menyerukan gencatan senjata permanen, meningkatkan bantuan kemanusiaan ke Gaza dan pembebasan sandera yang ditahan Hamas sejak serangan 7 Oktober yang memicu tanggapan Israel.

Snchez mengatakan bahwa langkah tersebut adalah untuk mendukung Otoritas Palestina yang terkepung, yang kehilangan kendali politik efektif atas Gaza ke tangan Hamas. Dia memaparkan visinya untuk sebuah negara yang diperintah oleh Otoritas Palestina yang harus menghubungkan Tepi Barat dan Gaza melalui koridor dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

Barth Eide dari Norwegia menambahkan bahwa sangat disesalkan bahwa pemerintah Israel tidak menunjukkan tanda-tanda terlibat secara konstruktif.

Pengakuan tersebut merupakan ekspresi dukungan yang kuat terhadap kekuatan moderat di kedua negara, kata diplomat utama Norwegia.

Otoritas Palestina yang didukung Barat mengelola sebagian Tepi Barat yang diduduki Israel, bekerja sama dengan Israel dalam masalah keamanan dan mendukung solusi dua negara yang dinegosiasikan. Pasukannya diusir dari Gaza oleh Hamas ketika militan tersebut merebut kekuasaan di sana pada tahun 2007.

Palestina telah lama menginginkan negara merdeka di Gaza, Tepi Barat dan Yerusalem timur, wilayah yang direbut Israel dalam perang Timur Tengah tahun 1967. Gagasan tentang koridor darat yang menghubungkan Gaza dan Tepi Barat melalui Israel telah dibahas dalam putaran perundingan perdamaian sebelumnya, namun tidak ada perundingan perdamaian yang serius atau substantif yang telah diadakan selama lebih dari 15 tahun.

Kami tidak akan mengakui perubahan pada garis perbatasan tahun 1967 selain yang disepakati oleh para pihak, tambah Snchez.

Lebih jauh lagi, keputusan ini mencerminkan penolakan mutlak kami terhadap Hamas, sebuah organisasi teroris yang menentang solusi dua negara, kata Snchez. Sejak awal, Spanyol mengutuk keras serangan teroris pada 7 Oktober. Kecaman yang jelas ini merupakan ekspresi tegas dari komitmen teguh kami dalam memerangi terorisme. Saya ingin menggarisbawahi bahwa mulai besok kami akan memfokuskan semua upaya kami untuk menerapkan solusi dua negara dan mewujudkannya.

Israel juga mendapat tekanan dari Pengadilan Kriminal Internasional setelah kepala jaksa mengatakan dia akan meminta surat perintah penangkapan untuk Netanyahu dan menteri pertahanannya. ICJ juga mempertimbangkan tuduhan genosida yang dibantah keras oleh Israel.

Topik Menarik