3 Batalion Hamas Masih Bertahan di Kamp Pengungsi Jabalia

3 Batalion Hamas Masih Bertahan di Kamp Pengungsi Jabalia

Global | sindonews | Selasa, 28 Mei 2024 - 15:18
share

Tiga batalion Hamas berjuang untuk mempertahankan kamp pengungsi Jabalia di Gaza utara. Itu dilaporkan lembaga riset perang yang berbasis di AS, Institute for the Study of War (ISW) dan Critical Threats Project (CTP).

Laporan ISW dan CTP itu membantah klaim Israel bahwa hanya satu batalion Hamas yang beroperasi di wilayah tersebut.

Melansir Al Jazeera, ISW dan CTP mengatakan pasukan Israel sekarang menyadari bahwa tiga batalion berpartisipasi dalam pertahanan Jabalia sekitar dua minggu setelah operasi pembersihan kembali Israel di utara Gaza, yang dimulai pada pertengahan Mei.

Anggota kabinet perang Israel sebelumnya telah menyatakan berulang kali bahwa seluruh 12 batalyon Hamas di Kota Gaza dan bagian utara wilayah tersebut telah dibongkar, demikian catatan laporan medan perang gabungan ISW/CTP terbaru.

"Bahwa militer Israel sekarang perlu membongkar kembali batalion Hamas yang telah menyusun kembali kekuatan mereka di Jabalia menggarisbawahi kurangnya negara akhir politik dan militer yang berkelanjutan di Jalur Gaza, tambah para pemantau perang.

Kepala staf Israel Herzi Halevi sebelumnya menggambarkan operasi pembersihan ulang tersebut sebagai tugas Sisyphean.

Sebelumnya, Tentara Israel terus melanjutkan serangannya terhadap Jabalia di Gaza utara, mendesak penduduk di daerah tersebut untuk meninggalkan rumah mereka dan menuju ke tempat perlindungan di Gaza barat.

Juru bicara Angkatan Darat Avichay Adraee mengatakan dalam sebuah pernyataan di platform media sosial X bahwa tentara melenyapkan sel sabotase di Jabalia setelah bentrokan dengan anggotanya di dalam gedung, di mana para penyabot melarikan diri ke atap dan menembaki pasukan tentara.

Adraee mengatakan tentara mengepung gedung-gedung tersebut dan melenyapkan kelompok tersebut setelah baku tembak, dan mencatat bahwa tentara tidak menderita kerugian apa pun selama bentrokan tersebut.

Juru bicara tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang identitas para "penyabotase".

Pesawat-pesawat tempur Israel menargetkan beberapa rumah tempat tinggal dan pusat penampungan bagi para pengungsi di kamp tersebut dengan rudal, menurut Xinhua, mengutip sumber-sumber keamanan Palestina.

Topik Menarik