Benarkah Bendera Lama Palestina Miliki Gambar Bintang Daud? Ini Penjelasannya

Benarkah Bendera Lama Palestina Miliki Gambar Bintang Daud? Ini Penjelasannya

Global | okezone | Rabu, 25 Oktober 2023 - 16:09
share

JAKARTA - Sebuah klaim beredar yang beredar baru-baru ini menyatakan bahwa bendera lama dari mandat Palestina memiliki gambar bintang Daud. Klaim tersebut banyak disebarkan oleh para pembela Israel sebagai bukti bahwa Palestina sebenarnya adalah Zionis, bahkan selama periode mandat.

Tujuan klaim tersebut berfungsi untuk memutar balikan realitas dan fakta di mana warga Palestina adalah orang luar yang mencoba mengambil alih wilayah Israel. Meskipun klaim tersebut tidak sesuai dengan fakta sejarah.

Bintang Daud adalah simbol yang lekat dengan Zionisme, Bangsa Israel, dan Yudaisme. Bintang Daud juga terpasang di bendera Israel.

Namun, benarkah bendera lama mandat Palestina memiliki lambang bintang Daud, dan mengapa bendera ini kerap muncul dan digunakan dalam pembicaraan Zionis.

Dilansir dari Decolonize Palestine yang melansir beberapa sumber, asal-usul klaim ini berasal dari gambar yang diambil dari kamus Prancis dengan judul Le Petit Larousse Illustre, yang terbit dari awal 1920-an hingga akhir 1930-an.

Namun, dari peninjauan sekilas, kamus tersebut ternyata juga memajang bendera-bendera lain dengan label yang salah, di antaranya bendera Maroko dan bendera Uni Soviet.

Topik Menarik