Deretan Senjata Laras Panjang Rusia, Nomor 3 Dipakai untuk Menjaga Vladimir Putin

Deretan Senjata Laras Panjang Rusia, Nomor 3 Dipakai untuk Menjaga Vladimir Putin

Global | inewsid | Minggu, 6 Maret 2022 - 13:32
share

JAKARTA, iNews.id Deretan senjata laras panjang Rusia menjadi salah satu perlengkapan militer yang cukup masyhur di dunia. Senjata jenis ini digunakan untuk kepentingan berbagai operasi.

Rusia memang dikenal sebagai salah satu negara yang punya kecanggihan di bidang persenjataan. Hal itu dibuktikan oleh posisinya yang menduduki peringkat kedua dalam Global Fire Power Index dengan indeks kekuatan militer 0,0501 (hanya berada di bawah Amerika Serikat).

Berikut daftar senjata laras panjang yang mumpuni milik Rusia!

Shak-12

Shak-12 dikembangkan pada 2017. Senjata ini dapat menembakkan rentetan peluru 12,7 x 55 mm.

Shak-12 digunakan unit di bawah pasukan khusus Spetsnaz dari Badan Keamanan Federal Rusia. Senjata ini dirancang untuk pertempuran jarak dekat di wilayah kota dan mampu merobek seragam lapis baja musuh yang tebal, hingga menembus dinding bata.

Selain itu, senjata ini efektif digunakan untuk menyasar target di jarak hingga 100 meter. Shak 12 juga dapat diisi dengan peluru penembus lapisan baja yang dapat menyasar target di jarak hingga 300 meter.

Senjata ini dapat menampung 10-20 isi peluru. Mode tembak diletakkan di bagian belakang magasin. Shak-12 dilengkapi dengan rem laras dan recoil pad dari karet guna mengurangi entakan.

AK-12

AK-12 menjadi senjata utama tentara Rusia. Senjata ini mempunyai fitur yang ergonomis. AK-12 disebut sebagai senjata yang nyaman digunakan. Selain mempunyai popor lipat samping baru yang dapat ditarik, AK-12 dapat disesuaikan dengan tubuh pengguna.

Para prajurit bisa menyesuaikan senjata untuk dirinya sendiri dalam keadaan apa pun, bahkan ketika merangkak hingga di lapangan tembak dengan menggunakan pelindung tubuh. AK-12 dilengkapi juga dengan rel picatinny pada bagian atas dan bawah senapan, sehingga pengguna dapat memasang alat bidik, bidikan refleks, alat optik, dan senter dengan mudah.

Di ujung senapan terdapat rem laras bergaya tentara yang dapat memecahkan jendela dan memotong kawat berduri.

DXL-3

DXL-3 tercatat sebagai senjata andalan Badan Perlindungan Federal Rusia. Senjata ini mulai digunakan sejak 2010 hingga saat ini. DXL-3 dipakai untuk menjaga presiden Rusia dan para pejabat negara senior.

DXL-3 dibuat dengan menggunakan bahan aluminium untuk aviasi berkekuatan tinggi. Selain itu, dia juga dirancang untuk dapat digunakan ketika cuaca ekstrem. Senjata laras panjang yang satu ini menggunakan amunisi kaliber 338 Lapua Magnum. DXL-3 dapat menyasar target di jarak 1.800 meter.

Tak hanya unit yang beroperasi di wilayah kota, unit pasukan di alam liar pun dapat menggunakan senjata ini. Selain itu, DXL-3 juga lebih mudah digunakan oleh para prajurit yang akan melepaskan tembakan tunggal dalam situasi tempur.

AK-74 M

AK-74 M digunakan oleh Angkatan Bersenjata Rusia. Senjata ini adalah varian terbaru dari senapan AK-74.

AK-74 M menggunakan peluru dengan kaliber 5,45 x 39 mm. Senjata ini mempunyai keakuratan hingga 50 persen pada jarak tembakan hingga 300 meter. AK-74 M dilengkapi dengan optoelektronik dan laser. Selain itu, dia juga dilengkapi dengan senter senjata untuk visibilitas rendah.

Bahkan, kebisingan ketika menembak dengan senapan rancangan Mikhail Kalashnikov ini juga diklaim lebih rendah. Senjata ini juga mencakup peluncur granat 40 mm dan bayonet.

Topik Menarik