8 Hewan Paling Mematikan di Sungai Amazon, dari Pemakan Alat Kelamin hingga yang Lucu tapi Ganas

8 Hewan Paling Mematikan di Sungai Amazon, dari Pemakan Alat Kelamin hingga yang Lucu tapi Ganas

Global | inewsid | Selasa, 22 Februari 2022 - 17:10
share

JAKARTA, iNews.id -Hewan paling mematikan di Sungai Amazon wajib dihindari pengunjung tatkala berada di sekitar aliran air itu. Jika tidak, nyawa bisa menjadi taruhannya.

Amazon adalah sungai terpanjang kedua di dunia setelah Sungai Nil di Afrika. Sungai yang berada di Amerika Selatan itu sangat kaya akan keanekaragaman hayati.

Hutan yang mengitari sungai itu adalah hutan tropis terbesar di dunia sekaligus paru-parubagi planet ini. Karenanya, tak heran jika Amazon menjadi tempat yang nyaman bagi para satwa, termasuk yang paling mematikan sekalipun.

Berikut delapan hewan paling mematikan di Sungai Amazon:

1. Ikan candiru

Ikan dengan nama latin Vandelia cirrhosa ini oleh penduduk setempat dijuluki ikan tusuk gigi atau toothpick fish. Ikan ini memiliki panjang 5 hingga 40 cm.

Selain tusuk gigi, candiru juga kerap disebut ikan vampire, karena dia bisa masuk ke dalam insang ikan lain, lalu memakan dagingnya dari dalam. Jika ke manusia, ikan ini akan masuk lewat alat kelamin maupun dubur, lalu menggerogoti organ korban dari dalamnya.

Karena candiru sangat menyukai air urine, perlu kehati-hatian jika berkunjung ke Amazon. Usahakan tetap memakai pakaian lengkap, dan jangan kencing sembarangan!

2. Ikan piranha

Ikan pemakan daging ini memiliki gigi yang tajam, hidup bergerombol, dan sangat ganas jika sedang lapar. Bagi masyarakat sekitar, ikan ini kerap menjadi ancaman untuk hewan ternak mereka.

Hasil penelitian oleh Scientific Reports menyebutkan, piranha hitam dapat menggigit mangsa dengan berat 32 kg atau tiga kali lipat dari bobot badannya. Makanan utamanya adalah ikan-ikan lain, di samping serangga, udang, dan ulat. Jika ketersediaan ikan semakin berkurang, pirahna bisa saja melahap burung, reptil, mamalia, bahkan menjadi pemakan daging manusia.

Mereka akan menyerang manusia jika diganggu dan biasanya memangsa manusia jika sudah tenggelam atau menjadi mayat. Piranha terganas adalah piranha perut merah, yang gerombolannya mampu memakan daging mangsa sampai tinggal tulangnya saja dalam sekejap.

3. Arapaima gigas

Dengan massa tubuh dapat mencapai 200 kg, serta panjang 3 m, arapaima tak ubahnya seperti monster air tawar bertubuh ramping. Ikan ini memiliki kemampuan berenang yang kuat dan dapat melompat ke luar air memangsa belalang, katak, siput, dan burung.

Sejauh ini, belum ada informasi mengenai kasus penyerangan arapaima terhadap manusia. Akan tetapi ikan ini, tetapi dikelompokkan sebagai hewan berbahaya karena dapat membunuh piranha.

Ikan arapaima. (Foto: Ist.)
Ikan arapaima. (Foto: Ist.)

4. Belut Listrik

Penelitian pada 2019 yang dilakukan oleh peneliti Carlos David de Santana mencoba menelusuri belut listrik atau Electrophorus electricus yang dapat menyengatkan listrik dengan kekuatan 860 volt di Sungai Amazon. Pada waktu itu, dia bahkan harus memakai sarung tangan karet dan ekstra hati-hati selama penelitian berlangsung.

Belut listrik tidak memakan manusia. Dia hanya memangsa burung, katak, ikan, dan mamalia kecil. Kendati demikian, belut ini dapat membuat otot manusia mengalami kedutan jika tersengat listriknya secara terus-menerus.

Ada keadaan sangat berbahaya jika berada di dekat kelompok hewan ini. Sebab, jika salah satu menyengatkan listrik maka yang lain akan ikut mengeluarkan kekuatannya, sehingga pada manusia dapat menyebabkan serangan jantung. Jika selama ini belut listrik sering diasumsikan hidup soliter alias menyendiri, penelitian terbaru menunjukkan, mereka ternyata suka hidup bergerombol hingga 10 belut. Hiiii, ngeri ya....

Belut listrik. (Foto: Reuters)
Belut listrik. (Foto: Reuters)

5. Caiman hitam

Hewan bernama latin Melanosuchus niger ini adalah jenis buaya hitam penguasa Amazon. Panjang tubuh satwa ini mencapai 5 meter, dengan berat 400 kg.

Caiman dianggap sebagai raja sungai karena dapat memangsa semua makhluk yang berada di dekatnya. Di malam hari, mereka berburu makanan di daratan dengan mengutamakan pendengaran serta penglihatan yang tajam. Hewan ini bahkan mampu menelan utuh buruannya atau menunggu sampai busuk setelah itu baru dimakan. Ini disebabkan gigi caiman hitam lebih berfungsi untuk menerkam, bukan untuk mengoyak.

6. Hiu banteng

Hewan paling mematikan di Sungai Amazon selanjutnya adalah hiu banteng alias Carcharhinus leucas. Sebelumnya, sudah banyak kejadian manusia yang digigit makhluk air ini.

Sesuai namanya, hewan ini memiliki karakteristik bermoncong pendek dan tumpul yang biasa digunakan untuk menyeruduk makanannya seperti banteng. Dengan panjang 3,5 meter serta bobot 315 kg hiu banteng dapat hidup dalam 2 air yaitu pada air payau dan air tawar. Karenanya, dia dapat berenang ke dekat pantai atau sungai yang sering digunakan manusia untuk berenang.

National Geographic pun memberikan julukan kepada hiu banteng ini sebagai hewan paling berbahaya karena tempat hidupnya yang strategis tersebut.

Ilustrasi gerombolan ikan piranha. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi gerombolan ikan piranha. (Foto: Pixabay)

7. Anaconda hijau

Meski tidak berbisa, ular ini memiliki kekuatan sangat besar untuk melilit tubuh mangsanya, meremukkan tulang, hingga buruannya itu mati. Ular ini bertubuh besar dengan bobot mencapai 250 kg, panjang rata-rata 9 meter, serta diameter 30 cm. Satwa bernama latin Eunectes murinus ini banyak menghabiskan waktu di sekitar Sungai Amazon dibandingkan berada di darat maupun memanjat pohon.

8. Berang-berang besar

Hewan ini punya ciri khas berwajah lucu. Namun, itu tak serta-merta dapat mengesampingkan keganasannya.

Berang-berang ini bahkan dapat memakan anaconda dan caiman hitam sampai tak bersisa. Memiliki nama latin Pteronura brasiliensis berat badan satwa ini mencapai 32 kg dengan panjang 2,4 meter (termasuk ekor).

Habitatnya sedikit terancam karena perburuan manusia yang tertarik dengan bulunya yang tebal dan panjang (sampai 8 mm). Bulunya biasanya dijadikan bahan baku untuk membuat jaket hangat.

Berang-berang besar alias giant otter dari Amazon. (Foto: Reuters)
Berang-berang besar alias giant otter dari Amazon. (Foto: Reuters)



Itu dia 8 hewan paling mematikan di Sungai Amazon. Jika suatu saat kamu berkunjung ke sungai itu, jangan lupa untuk selalu berhati-hati ya....

Topik Menarik