Tata Cara Sholat Taubat Nasuha: Panduan Lengkap untuk Kembali ke Jalan Allah 

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha: Panduan Lengkap untuk Kembali ke Jalan Allah 

Gaya Hidup | inews | Selasa, 15 Oktober 2024 - 23:29
share

JAKARTA, iNews.id -  Tata cara sholat taubat Nasuha pada dasarnya sama dengan sholat sunnah dua rakaat lainnya. Namun, yang membedakan adalah niat dan kesungguhan hati dalam memohon ampunan kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang telah diperbuat.
 
Sholat ini merupakan wujud penyesalan dan tekad untuk tidak mengulangi kesalahan di masa mendatang. Meskipun tidak ada bacaan khusus, dianjurkan untuk membaca surat Al-Fatihah, Al-Kafirun, dan Al-Ikhlas. Setelah sholat, berdoa dan beristighfarlah dengan khusyuk, memohon ampunan dan kemudahan untuk istiqomah di jalan-Nya.

Dalil Sholat Taubat

Anjuran untuk bertaubat dan memohon ampun kepada Allah SWT terdapat dalam Al-Qur'an, antara lain:

"يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا" (QS. At-Tahrim: 8)

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya)."   

"وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَا الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ" (QS. An-Nur: 31)

Artinya: "Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung."

Meskipun tidak ada dalil khusus yang menyebutkan tentang sholat taubat, namun anjuran untuk memperbanyak sholat dan berdoa terdapat dalam banyak ayat Al-Qur'an. Sholat taubat nasuha dapat digolongkan sebagai sholat sunnah yang dianjurkan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memohon ampunan-Nya.

Dilansir iNews.id dari laman konsultasi syariah,  bahwa anjuran shalat taubat terdapat dalam hadits Abu Bakr Ash Shiddiq,  sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Baihaqi dalam Syu’abul Iman (5/321-322).

Hukum Taubat

Hukum taubat adalah wajib bagi setiap muslim yang telah melakukan dosa, baik dosa kecil maupun dosa besar.  Taubat nasuha adalah taubat yang dilakukan dengan sungguh-sungguh, menyesali perbuatan dosa,  bertekad untuk tidak mengulanginya, dan berusaha memperbaiki diri.

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha

Tata cara sholat taubat nasuha pada dasarnya sama dengan sholat sunnah dua rakaat lainnya. 
Berikut panduan lengkapnya:

Niat: Luruskan niat di dalam hati untuk melaksanakan sholat taubat nasuha.

"أُصَلِّي سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ للهِ تَعَالَى"

Artinya: "Aku berniat menunaikan sholat sunnah taubat sebanyak dua rakaat karena Allah Ta'ala."

Takbiratul Ihram: Memulai sholat dengan mengucapkan takbiratul ihram, "Allahu Akbar."

Membaca Doa Iftitah: Setelah takbiratul ihram, bacalah doa iftitah.

Membaca Surat Al-Fatihah:  Pada setiap rakaat, bacalah surat Al-Fatihah.

Membaca Surat Pendek: Setelah membaca Al-Fatihah, bacalah surat pendek atau ayat-ayat Al-Qur'an. Dianjurkan untuk membaca surat Al-Kafirun pada rakaat pertama dan surat Al-Ikhlas pada rakaat kedua.

Ruku' dan I'tidal: Lakukan ruku' dengan tuma'ninah dan i'tidal dengan sempurna.

Sujud: Lakukan dua kali sujud dengan tuma'ninah.

Duduk di antara Dua Sujud: Duduklah dengan tenang di antara dua sujud.

Tasyahud Akhir: Setelah rakaat kedua, bacalah tasyahud akhir.

Salam: Akhiri sholat dengan mengucapkan salam.

Doa Setelah Sholat Taubat Nasuha

Setelah selesai melaksanakan sholat taubat, dianjurkan untuk membaca doa memohon ampunan kepada Allah SWT. Beberapa doa yang dapat dibaca, di antaranya adalah:

"أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ"
Artinya: "Saya memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan saya bertaubat kepada-Nya."

Selain itu dapat juga membaca doa sayyidul istigfar:

"اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ"   

Artinya:  “Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau. Engkau yang menciptakanku 1  dan aku adalah hamba-Mu. Aku berada di atas perjanjian-Mu dan janji-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku, 2  oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau.” 3  (HR. Bukhari no. 6306).

Kapan Waktu Terbaik Sholat Taubat Nasuha?

Sholat taubat nasuha dapat dilakukan kapan saja, namun terdapat beberapa waktu yang  dianjurkan, yaitu:

  • Sepertiga malam terakhir: Waktu ini merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa.
  • Setelah sholat fardhu: Melakukan sholat taubat setelah sholat fardhu dapat menambah keutamaan.
  • Kapanpun saat merasa menyesal: Segera lakukan sholat taubat ketika hati merasa menyesal atas dosa yang telah diperbuat.

Penting untuk diingat: Sholat taubat nasuha hanyalah salah satu langkah awal dalam proses taubat. Yang terpenting adalah  kesungguhan hati dalam menyesali dosa, bertekad untuk tidak mengulanginya, dan berusaha memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik.

Tata cara sholat taubat Nasuha sejatinya sederhana, namun keutamaan dan maknanya sangat mendalam. Lebih dari sekadar gerakan fisik, sholat ini merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, introspeksi diri, dan memperbarui komitmen untuk hidup lebih baik. Dengan melaksanakan sholat taubat Nasuha dengan hati yang tulus dan ikhlas, kita berharap mendapatkan ampunan dan bimbingan dari Allah SWT untuk menjalani kehidupan yang lebih bermakna dan diridhoi-Nya.

Topik Menarik