Rumput Laut Ternyata Bisa Sembuhkan Penyakit Parkinson

Rumput Laut Ternyata Bisa Sembuhkan Penyakit Parkinson

Gaya Hidup | okezone | Jum'at, 27 September 2024 - 13:29
share

Sebuah penelitian di Jepang menemukan memakan rumput laut dapat membantu mencegah penyakit Parkinson. Rumput laut adalah makanan yang bergizi tinggi dan telah lama menjadi makanan pokok di negara tersebut.

Peneliti dari Universitas Metropolitan Osaka menemukan bahwa jenis rumput laut coklat yang disebut Ecklonia cava memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi dari kerusakan sel saraf.

Salah seorang peneliti Universitas Metropolitan Osaka, Profesor Akiko Kojima Yuasa mengatakan, "Kami berharap Ecklonia cava dapat menjadi bahan yang efektif untuk mencegah penyakit Parkinson."

Melansir dari Scmp, Jumat (27/09/2024), dalam penelitian tersebut para ilmuwan menguji Ecklonia cava pada tikus dan menemukan bahwa antioksida dalam rumput laut memberikan efek perlindungan terhadap penyakit Parkinson, yang merupakan penyakit neurodegeneratif. 

Penyakit Parkinson terjadi karena penurunan neuron yang memproduksi dopamin. Dopamin adalah zat kimia di otak yang penting untuk mengontrol gerakan dan fungsi kognitif. Seperti serotonin, dopamin sering disebut sebagai hormon kebahagiaan, karena mempengaruhi suasana hati.

Penyakit Parkinson yang tidak dapat disembuhkan, semakin banyak terjadi terutama di negara-negara dengan populasi lansia yang semakin tinggi seperti Jepang. Menurut Parkinson’s Foundation, sekitar 10 juta orang di seluruh dunia menderita penyakit ini, termasuk aktor Michael J. Fox.

Pada tahun 2021, peneliti dari Universitas Cambridge menemukan protein tertentu di otak yang terkait dengan penyakit Parkinson. Selain rumput laut, antioksidan dalam buah-buahan seperti beri merah dan anggur juga menunjukkan potensi untuk mengurangi risiko Parkinson.

Sementara itu, American Medical Association baru-baru ini menerbitkan penelitian yang menunjukkan bahwa mengurangi polusi udara dapat menurunkan risiko penyakit Parkinson.

Topik Menarik