Obat Mpox Sudah Tersedia, Menkes Budi Imbau Masyarakat Tak Khawatir

Obat Mpox Sudah Tersedia, Menkes Budi Imbau Masyarakat Tak Khawatir

Gaya Hidup | inews | Selasa, 27 Agustus 2024 - 18:22
share

JAKARTA, iNews.id - Mpox sedang menjadi perhatian dunia. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi memastikan obat untuk Mpox sudah ada di Indonesia. 

"Bahwa ini obatnya udah ada, buatan Amerika ada, buatan India ada, Indonesia juga sudah miliki obatnya. Yang ketiga, vaksinnya juga sudah ada," kata Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Selain obat, Menkes Budi juga memastikan vaksin untuk Mpox juga sudah tersedia. Vaksin yang digunakan untuk melindungi masyarakat diproduksi dari Denmark dan Jepang. 

"Untuk orang-orang yang lahir di bawah tahun 70an kayak saya kan dulu pernah divaksin cacar, itu memberikan proteksi. Jadi yang relatif usianya tua kaya saya itu terproteksi. Nah untuk yang muda-muda, vaksinnya generasi yang barunya sudah ada, satu diproduksi dari Denmark, satu diproduksi dari Jepang," tuturnya.

Oleh karena itu, Budi meminta masyarakat tidak khawatir terlalu berlebihan. Mengingat, dia sudah memastikan obat sudah tersedia di seluruh rumah sakit yang ada di Indonesia. 

"Obat-obatan rumah sakit sudah kita persiapkan dan teman-teman wartawan bisa bantu mengedukasi masyarakat. Kita waspada, tapi tidak usah khawatir berlebihan," kata Budi.

Topik Menarik