8 Bayi Mungil di Jombang Lahir di Hari Proklamasi Kemerdekaan RI

8 Bayi Mungil di Jombang Lahir di Hari Proklamasi Kemerdekaan RI

Gaya Hidup | mojokerto.inews.id | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 18:10
share

JOMBANG, iNewsMojokerto.id - Tampak raut bahagia menyelimuti wajah para ibu yang baru saja melahirkan bayi di rumah sakit umum daerah (RSUD) Jombang. Mereka tidak menyangka buah hatinya lahir pada hari peringatan proklamasi kemerdekaan tahun ini.

Tanggal 17 Agustus selain diperingati sebagai hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia, juga dianggap sebagai tanggal keramat. Bahkan, banyak yang berkeinginan untuk melahirkan anak pada tanggal itu.

Di RSUD Jombang sendiri tercatat ada 8 bayi mungil yang lahir bersamaan dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke 79 tahun. Dari jumlah tersebut, sepasang di antaranya adalah bayi kembar berjenis kelamin laki-laki.

Data itu diperbarui pada Sabtu 17 Agustus 2024 hingga pukul 12.00 WIB. Kedelapan bayi tersebut saat ini menjalani perawatan di ruang Drupadi RSUD Jombang.

"Ada delapan bayi yang dilahirkan hari ini, yakni tepat peringatan Hari Kemerdekaan ke-79. Semuanya sehat," kata Direktur RSUD Jombang Dr. Ma'murotus Sa'diyah, M.Kes, kepada wartawan, Sabtu (27/8/2024).

Dari delapan bayi itu, menurut Ning Eyik sapaan akrabnya, tiga di antaranya menjalani proses persalinan dengan cara operasi sesar. Sedangkan lima bayi lainnya lahir secara normal.

"Untuk jenis kelaminnya, tiga perempuan dan lima laki-laki. Ada satu yang prematur, tapi alhamdulillah semuanya sehat. Untuk yang sesar tidak ada permintaan. Tapi memang indikasi medis seperti itu," katanya.

Pada momen hari kemerdekaan ini, RSUD Jombang memberikan apresiasi tinggi kepada ibu dan bayinya yang lahir tepat di Hari Proklamasi. Yakni memberikan kado berupa pakaian bayi dan ibunya. Tentu saja, kado tersebut mendapatkan sambutan hangat dari keluarga pasien.

"Terima kasih kepada pihak rumah sakit atas pemberian kadonya," kata Della Fitria (24) yang sedang menunggu bayinya di RSUD setempat

Istri dari M Aburizal (26) warga Desa Sidowarek Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang tersebut mengaku melahirkan bayi perempuan pada Sabtu 17 Agustus 2024 pukul 07.30 WIB. Bayinya itu lahir dengan berat badan 3,9 Kg dan panjang 52 cm.

"Saya beri nama Berlin Alista Putri Fazela. Artinya, putri yang cantik dan pintar. Lahir secara normal. Tidak direncana lahir 7 Agustus 2024. Perkiraan dokter, lahir pada 15 Agustus. Ternyata malah tepat peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79. Yakni 17 Agustus 2024," kata Della yang penuh bahagia sembari menggendong putri pertamanya itu.

Topik Menarik