Makna Baju Kustin, Pakaian Adat Kaltim yang Dipakai Presiden Jokowi di Upacara HUT ke-79 RI

Makna Baju Kustin, Pakaian Adat Kaltim yang Dipakai Presiden Jokowi di Upacara HUT ke-79 RI

Gaya Hidup | inews | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 11:28
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju adat Kalimantan Timur (Kaltim) Kustin pada upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN). Apa makna baju Kustin?

Dijelaskan dalam upacara kemerdekaan di IKN, baju adat Jokowi adalah pakaian nusantara yang terinspirasi dari baju adat kesultanan Kutai Kertanegara Ing Martapura. Kutai Kertanegara di provinsi Kaltim merupakan salah satu kerajaan tertua dan cikal bakal Nusantara Indonesia.

Makna Baju Kustin

Baju kustin salah satu pakaian yang mempunyai kasta tertinggi di Kesultanan Kertanegara. Istilah Kustin sendiri memiliki makna kebesaran. Pakaian adat Kaltim Kustin biasanya dipergunakan sultan pada upacara penting di masa Kesultanan Kertanegara.

Sekadar informasi, baju adat Kustin didominasi warna hitam. Pakaian ini terbuat dari kain beludru. Pada bagian kerah dan lengan terdapat ukiran emas.

Jokowi juga mengenakan asesori kepala untuk menunjang penampilan. Aksesori tersebut terlihat berbahan beludru dengan sentuhan warna emas.

Sementara Irina juga begitu anggun dengan gaya rambut disanggul, lengkap dengan tusuk konde bernuansa emas. Iriana dan Jokowi juga senada mengenakan kain batik bernuansa cokelat.

Topik Menarik