Perebutkan Gelar Koki Muda Nusantara, Happy Harvest Supermarket Gelar Lomba Masak 

Perebutkan Gelar Koki Muda Nusantara, Happy Harvest Supermarket Gelar Lomba Masak 

Gaya Hidup | bandungraya.inews.id | Senin, 12 Agustus 2024 - 09:10
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 79, Happy Harvest Supermarket mengadakan lomba masak bertema makanan nusantara yang diikuti sebanyak 32 peserta untuk memperebutkan gelar Koki Muda Nusantara (KoMuNu) pada hari Sabtu dan Minggu, 10 - 11 Agustus 2024 di area Downtown Walk, Summarecon Mall Bandung. 

Dengan target peserta usia 15 - 24 tahun, Happy Harvest Supermarket juga turut mendorong kompetensi generasi muda di bidang kuliner untuk terus memajukan kuliner Nusantara.

Direktur Happy Harvest Supermarket, Meshvara Kanjaya menjelaskan, Koki Muda Nusantara atau disingkat KoMuNu, bukan sekedar ajang mencari bakat terbaik tetapi juga memberikan panggung bagi anak muda untuk mengenalkan sekaligus mengolah kuliner khas Nusantara agar lebih dicintai dan membuat kuliner kita tidak kalah bersaing dengan jenis masakan dari negara lain. 

“Kekhasan kuliner Indonesia yang kaya akan rempah dan rasa, serta memiliki banyak nilai sejarah yang saat ini telah masuk top rank dunia patut untuk tetap kita lestarikan agar bisa sama populernya dengan kuliner dari negara Asia lainnya seperti Jepang dan Korea,” paparnya.

Meshvara mengatakan, meski tidak berdampak besar, ia meyakini nantinya event tersebut akan menghasilkan sesuatu yang lebih besar.

 

“Saya harus jujur, mungkin dampaknya untuk saat ini tidak akan besar karena ini adalah event pertama kali tetapi sesuatu yang besar akan dimulai dari yang kecil,” ujarnya.

Sementara itu, Profesional Chef Indonesia, Chef Martin Praja mengatakan tren industri kuliner saat ini banyak digempur dari kafe-kafe kekinian, yang pasti akan menggeserkan kuliner-kuliner Nusantara.

“Jadi yang pertama kita harus memberikan edukasi kepada para pelaku dan kita harus memberikan dorongan kepada para pelaku industri kuliner. Yang pastinya kita harus mencintai kuliner nusantara dan itu dimulai dari mana? tentunya dimulai dari rumah terlebih dahulu,” ujarnya.

Chef Martin pun mendorong pelaku industri kuliner terhadap kuliner nusantara dengan aktif di sosial media karena saat ini sangat mudah sekali untuk mendobrak tren industri kuliner bisa melalui sosial media. 

“Yang pertama, kita harus pede dulu sama produk kita, barulah kita bisa mempromosikan produk-produk yang kita buat melalui berbagai sosial media yang bisa kita manfaatkan,” ungkapnya.

 

Perlu diketahui, selain memperebutkan gelar Koki Muda Nusantara (KoMuNu), peserta juga akan memperebutkan hadiah total senilai Rp 14 juta akan dibawa pulang untuk tiga grup pemenang. 

Tidak ketinggalan, serangkaian acara menarik juga dikemas untuk menambah semarak event kuliner perdana dari Happy Harvest Supermarket ini seperti cooking demo, culinary talkshow hingga quiz dan doorprize.

Meski baru saja dibuka, Happy Harvest Supermarket memiliki visi yang bertujuan mengangkat cita rasa Nusantara tidak hanya melalui beragam bahan baku yang dipasarkan namun juga melalui event menarik, salah satunya adalah kompetisi masak. 

Mekanisme kompetisi dibuat menarik yaitu dengan konsep “Misteri Box”, dimana masing-masing peserta mendapatkan kotak yang berbeda dan dituntut untuk mengkreasikan masakan sesuai dengan bahan di dalam kotak tersebut. Dengan waktu kurang lebih 90 menit, peserta diharapkan mampu memberikan hasil masakan terbaik mereka yang akan dinilai berdasarkan keterampilan memasak, kebersihan saat memasak, cita rasa hingga presentasi hasil masakan di hadapan para dewan juri.

Penjurian acara KoMuNu akan dilakukan secara langsung oleh juri profesional di bidangnya yaitu Chef Martin Praja selaku professional chef, Chef Lilik Hariyanto dari Universitas Pradita, Chef Surya, Ir. Petrus Gandamana serta Direktur Happy Harvest Supermarket yakni Meshvara Kanjaya. 

 

Tidak hanya itu, kemeriahan Koki Muda Nusantara juga terlihat dari ragamnya kostum peserta, mewakili daerah peserta masing-masing dan akan dinilai berdasarkan voting untuk menentukan pemenang kostum terbaik yang berhak atas nilai hadiah Rp 700 ribu.

Happy Harvest Supermaket juga didukung penuh oleh para sponsor dan partner seperti Rambla Department Store, Universitas Pradita, Royco, Fiesta, Bogasari, Kanzler, Pino, Venus, BRI, Kokola, Joyday, Campina dan Oxone - yang juga memiliki visi yang sama untuk bersama meriahkan KoMuNu tahun ini. 

Jangan lewatkan keseruan acara Koki Muda Nusantara 2024 yang berlangsung di Happy Harvest Supermarket dan Area Downtown Summarecon Mall Bandung pada 10-11 Agustus 2024. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui Instagram @happyharvest.id atau melalui Aplikasi Happy Harvest.

Topik Menarik