5 Makanan Terlarang untuk Pengidap Diabetes, Nomor 3 Favorit Banyak Orang

5 Makanan Terlarang untuk Pengidap Diabetes, Nomor 3 Favorit Banyak Orang

Gaya Hidup | okezone | Kamis, 9 Mei 2024 - 18:00
share

BAGI tiap pengidap diabetes, menjaga pola makan memainkan peran penting dalam mengelola penyakit diabetes itu sendiri.

Diabetes merupakan kondisi medis yang mempengaruhi cara tubuh memproses gula darah (glukosa). Glukosa, merupakan sumber energi utama bagi tubuh dan berasal dari makanan yang dikonsumsi.

Nah, dengan mengonsumsi makanan yang tepat dan menghindari makanan terlarang dapat membantu pengidap diabetes mengontrol kadar gula darah, mencegah komplikasi, dan meningkatkan kualitas hidup.

Melansir dari berbagai berbagai sumber, Kamis (9/5/2024), berikut ini merupakan lima jenis makanan terlarang bagi penderita diabetes yang patut dihindari.

1. Makanan tinggi karbohidrat: Makanan yang tinggi karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Salah satunya adalah nasi putih yang menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia.

Bagi penderita diabetes, nasi putih termasuk makanan terlarang, karena memiliki indeks glikemik tinggi yang dapat memperburuk kondisi diabetes dan meningkatkan risiko komplikasi. Ganti karbohidrat dengan alternatif makanan yang memiliki indeks glikemik rendah seperti nasi merah, roti gandum, atau ubi jalar.

2. Produk olahan susu: Meski pun produk susu seperti susu, yogurt, dan keju kaya akan nutrisi penting, namun bagi penderita diabetes, produk susu termasuk ke dalam makanan yang sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya. Sebagai gantinya, pilih produk susu rendah lemak, seperti susu skim, yogurt tanpa gula, dan keju rendah lemak

Topik Menarik