Waktu Terbaik Sholat Dhuha, Lengkap dengan Doa dan Tata Caranya 

Waktu Terbaik Sholat Dhuha, Lengkap dengan Doa dan Tata Caranya 

Gaya Hidup | inews | Jum'at, 3 Mei 2024 - 21:43
share

JAKARTA, iNews.id - Waktu terbaik sholat Dhuha perlu diketahui umat Muslim. Sholat Dhuha merupakan sholat sunnah yang memiliki banyak keutamaan, termasuk bernilai sedekah seluruh tulang.

Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِى ذَرٍّ عَنِ النَّبِىِّ ﷺ أَنَّهُ قَالَ: يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ. فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ، وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ، وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ، وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى. (رواه مسلم)  

Artinya: Diriwayatkan dari Abu Dzar radliyallahu ‘anh, dari Nabi ﷺ, beliau bersabda, “Ada sedekah (yang hendaknya dilakukan) atas seluruh tulang salah seorang dari kalian. Karena itu setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, amar ma’ruf adalah sedekah, nahi munkar adalah sedekah, dan dua rakaat shalat Dhuha mencukupi semuanya itu.” (HR Muslim).  

Lantas, kapan waktu terbaik sholat Dhuha dan bagaimana tata caranya? Simak ulasannya berikut ini.

Waktu Terbaik Sholat Dhuha

Melansir dari laman NU Online, Jumat (3/5/2024), waktu sholat Dhuha dumulau sejak naiknya matahari setinggi satu.tombak hingga sebelum tergelincir. Adapun maksud dari satu tombak cukup berbeda-beda antara para ulama.

Namun di Indonesia, satu tombak adalah 15-20 menit dari waktu syuruq atau waktu di mana matahari naik ke atas. Sebagai contoh jika waktu syuruq pada suatu hari adalah 05.50, maka jika ditambahkan 20 menit adalah 06.10.

Sementara itu, waktu paling utama untuk mengerjakan sholat Dhuha adalah saat matahari meninggi usai terbit. Hal itu merupakan pendapat Imam Nawawi.

Doa Setelah Sholat Dhuha


Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selesai shalat Dhuha, beliau mengucapkan,

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمِ

“ALLOHUMMAGHFIR-LII WA TUB ‘ALAYYA, INNAKA ANTAT TAWWABUR ROHIIM 

Artinya: Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang sampai beliau membacanya seratus kali.” (HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad, no. 619. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini sanadnya shahih.)

Tata Cara Sholat Dhuha

Sholat sunnah ini diawali dengan niat dan takbiratul ihram serta diakhiri dengan salam. Sholat dhuha bisa dilakukan paling sedikit dengan 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat. 

Umat Islam dapat mengerjakannya dengan 2 rakaat 1 salam atau 4 rakaat 1 salam.

Demikianlah Waktu terbaik sholat Dhuha. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Topik Menarik