Bacaan Doa Nabi Ayub ketika Sakit, Arab, Latin, dan Artinya

Bacaan Doa Nabi Ayub ketika Sakit, Arab, Latin, dan Artinya

Gaya Hidup | inews | Sabtu, 6 Januari 2024 - 05:30
share

JAKARTA, iNews.id - Bacaan doa Nabi Ayub ketika sakit bisa muslim amalkan sebagai bentuk ikhtiar batin agar segera disembuhkan penyakitnya oleh Allah SWT.

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa segala penyakit pasti ada penawar atau obatnya. Hal ini mengingatkan bahwa sebagai seorang mukmin hendaknya selalu tabah dan tak berhenti berharap dengan memanjatkan doa kepada Allah ketika sedang mendapat cobaan berupa penyakit.

Artinya: "Semua penyakit ada obatnya. Apabila sesuai antara obat dan penyakitnya, maka (penyakit) akan sembuh dengan izin Allah SWT." (HR Muslim).

Ketika ditimpa musibah berupa sakit, sudah semestinya muslim berikhtiar dan terus berdoa. Berikut ini doa Nabi Ayyub ketika sakit yang bisa muslim amalkan. Doa yang dilafalkan Nabi Ayyub as sebagai sarana bermunajat memohon kesembuhan kepada Allah adalah sebagai berikut ini.

Doa Nabi Ayub ketika Sakit

Latin: Allahumma Inni Massaniyadh-dhurru wa Anta Arhamur Rohimin.

Artinya: "Ya Allah Tuhanku, sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua penyayang."

Doa Nabi Ayub tersebut termaktub dalam Al Quran, Surat Al-Anbiya ayat 83.

Nabi Ayub Sakit 18 Tahun

Nabi Ayub diutus oleh Allah SWT di daerah Hauran, Yordania-Syria (1420-1540 SM). Di tengah mengemban risalah, Nabi Ayub didera musibah berupa penyakit selama 18 tahun.

Tak hanya itu, seluruh kekayaan Ayyub juga hilang dan anak-anaknya meninggal dunia, serta dijauhi semua orang kecuali istrinya. Meski demikian, Nabiyullah Ayub menghadapinya dengan penuh kesabaran dan ketakwaan.

Kisah Nabi Ayub ini diabadikan dalam Alquran, Surat Shad.


Artinya: "Dan ingatlah akan hamba Kami Ayyub ketika ia menyeru Tuhannya, "Sesungguhnya aku diganggu setan dengan kepayahan dan siksaan.(Allah berfirman), "Hantamkanlah kakimu; inilah air yang sejuk untuk mandi dan untuk minum. (QS. Shad: 42-43).

Sebelum musibah menimpa, Nabi Ayub hidup dengan harta yang berlimpah, banyak anak, serta memiliki banyak tanah dan bangunan yang luas. Maka semuanya itu dicabut dari tangannya oleh Allah Swt. Semua orang-baik yang tadinya dekat ataupun jauh-tidak mau mendekatinya, selain istrinya.

Setelah masa cobaan itu telah lama berlangsung, masa puncak cobaan pun telah dilaluinya serta sudah ditakdirkan habis waktunya sesuai dengan masa yang telah ditetapkan di sisi-Nya. Nabi Ayub berdoa memohon kepada Tuhan semesta alam.

Itulah ulasan bacaan doa Nabi Ayub ketika sakit yang bisa muslim amalkan ketika ditimpa penyakit agar bisa segera disembuhkan.

Wallahu A'lam

Topik Menarik