Kenapa Sunan Kalijaga selalu Memakai baju hitam? Ternyata Ini Penyebabnya

Kenapa Sunan Kalijaga selalu Memakai baju hitam? Ternyata Ini Penyebabnya

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 13 September 2023 - 08:48
share

JAKARTA- Ada alasan kenapa Sunan Kalijaga selalu memakai baju hitam. Hal ini dikarenakan sosoknya selalu menggunakan pakaian berwarna hitam dengan motif surjan.

Tentu Sunan Kalijaga memiliki alasan dalam memilih corak baju yang ia kenakan. Pasalnya bajunya dia berbeda dengan Walisongo lainnya yang memakai baju berwarna putih.

Melansir berbagai berbagai sumber, Sunan Kalijaga selalu memakai baju hitam sebagai sarana berdakwah di kalangan masyarakat Jawa. Dengan begitu masyarakat Jawa lebih mudah mudah memeluk agama Islam.

Pakaian hitam bermotif surjan mengandung makna Bhineka Tunggal Ika dan persatuan Indonesia. Bagi masyarakat Jawa baju Sunan Kalijaga sangat unik dan memiliki daya tarik tersendiri.

Keberhasilan dakwah Sunan Kalijaga di Pulau Jawa dijelaskan oleh Gus Baha melalui cemahnya yang diunggah dalam akun Youtube Santri Kalong Virtual pada, Kamis (26/08/23).

Bagaimana mendakwahi orang islam kawasan Jogja, Klaten, Solo kalau tidak model Kalijogo. Nyatanya islam sudah banyak yang sholat juga sudah banyak? ujar Gus Bahas.

Selain itu Sunan Kalijaga juga menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa menggunakan sarana wayang kulit. Kesenian wayang sangat populer dikalangan masyarakat Jawa. Sehingga Islamisasi di Pulau Jawa menjadi lebih mudah.

Sunan Kalijaga menyadari bahwa metodenya sangat efektif untuk menyebarkan agama Islam dipulau Jawa. Meski ia kerap berbeda pendapat dengan Sunan Ainul Yakin dan Sunan Giri yang menilai wayang haram karena menyerupai manusia.

Wayang bentuknya kaya orang, kaya patung. Haram. Akhirnya mereka berseteru. jelas Gus Baha.

Sampai akhirnya mengundang kyai sepuh pada masa itu seperti Sunan Kudus dan Sunan Ampel. Dari pertemuan itu Sunan Kalijaga akhirnya membuat wayang berbentuk gepeng menggunakan kulit supaya tidak menyerupai manusia sungguhan.

Dalam ceramahnya, ulama besar asal Rembang itu juga menjelaskan Wali Songo menjalin hubungan baik dengan agama lainnya. Mereka bahkan berteman dengan pencuri atau perampok untuk memudahkan jalan dakwah.

Bukan tidak bisa membedakan antara haq dan bathil. Tetapi dengan dibaguskan masih ada peluang komunikasi. Dengan adanya peluang komunikasi maka akan ada peluang dakwah. tambahnya.

Demikian alasan kenapa Sunan Kalijaga selalu memakai baju hitam.

(RIN)

Topik Menarik